9 Rekomendasi Film Vampir dari Berbagai Negara

Image title
15 September 2021, 15:40
Ilsutrasi kastil dalam film vampir.
ANTARA FOTO/REUTERS/Darrin Zammit/HP/dj
Ilsutrasi kastil dalam film vampir.

Film vampir merupakan salah satu genre film tertua, serumpun dengan genre horor yang pertama kali diperkenalkan sutradara F.W. Murnau, lewat karyanya Nosferatu (1922). Film tersebut sukses menghantui penonton pada masanya.

Hingga kini, sudah tidak terhitung berapa film bertema vampir yang diproduksi dan hadir di tengah masyarakat. Mulai dari Swedia hingga Korea Selatan, sejumlah negara berlomba dan bereksperimen menayangkan mitos vampir lewat karya kolektif masing-masing.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 9 rekomendasi film vampir dari berbagai negara.

1. Nosferatu (1922)

Nosferatu dianggap sebagai film vampir paling berpengaruh. Film bisu hitam-putih arahan sutradara asal Jerman, Friedrich Wilhelm Murnau ini mendapat rating 97% dari Rotten Tomatoes.

Film ini bercerita tentang Count Orlok (Max Schrek) yang misterius memanggil Thomas Hutter (Gustav von Wangenheim), ke kastil Transylvania miliknya yang berada di pegunungan terpencil. Orlok berusaha membeli rumah di dekat Hutter dan istrinya, Ellen (Greta Schroeder). Setelah mengetahui Orlok seorang vampir, Hutter bersama istrinya berusaha melarikan diri dari kastil tersebut.

2. Let The Right One In (2008)

Film asal Swedia, Let The Right One In sukses menghidupkan kembali genre vampir lewat penceritaan yang unik dan menarik.

Sutradara Thomas Alfredson dalam film ini bereksperimen dengan genre vampir, yang diperankan aktor anak-anak. Oskar (Kare Hedebrant) bocah laki-laki berusia 12 tahun yang sensitif dan sering diintimidasi oleh teman-temannya, bertemu dengan tetangga barunya, Eli (Lina Leandersson) yang misterius dan murung. Kendati demikian, keduanya menjalin persahabatan.

Hingga suatu ketika, Eli mengungkapkan jati dirinya kepada Oskar dan mengaitkan dirinya dengan serangkaian pembunuhan misterius yang terjadi di sekitar tempat tinggal mereka.

3. What We Do In The Shadows (2014)

Film kolaborasi sutradara Jemaine Clement dan Taika Waititi ini melahirkan cerita vampir yang lebih segar dan dibalut komedi cerdas, hingga mengantongi rating 96% dari Rotten Tomatoes.

What We Do In The Shadows bercerita tentang teman serumah vampir (Jemaine Clement, Taika Waititi, dan Jonathan Brugh) yang berusaha mengatasi kompleksitas kehidupan modern. Mereka juga memarken keuntungan menjadi "mayat hidup" kepada seorang pemuda hipster (Cori Gonzalez-Macuer).

4. Only Lovers Left Alive (2013)

Film dengan rating R (Language I Brief Nudity) ini mempertemukan dua aktor kenamaan Hollywood, Tilda Swinton dan Tom Hiddleston. Selain itu, Only Lovers Left Alive juga menggandeng aktor berbakat lainnya, seperti Mia Wasikowska, John Hurt, hingga mendiang Anton Yelchin.

Film karya sutradara Jim Jarmusch ini bercerita tentang sepasang kekasih vampir (Tilda Swinton dan Tom Hiddleston) yang merenungkan tempat dan keberadaan mereka dalam masyarakat modern.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement