Jelang Pilpres 2024, Menteri Jokowi Berlomba Naikkan Elektabilitas

Intan Nirmala Sari
26 September 2021, 12:30
Pilpres 2024, elektabilitas capres, sandiaga uno, airlangga hartarto
Youtube/Setneg
Presiden Joko Widodo membacakan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR pada Senin (16/8).

Masih tersisa waktu sekitar tiga tahun menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, para pejabat terlihat mulai gencar memamerkan kepiawaiannya dalam memimpin sehingga dapat mendongkrak elektabilitas capres.

Elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno misalnya, dinilai Party Watch (Parwa) Institute cukup tinggi untuk maju ke Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Direktur Eksekutif lembaga riset tersebut, Muh Jusrianto mengatakan Partai Gerindra berpeluang mengusung Sandiaga pada Pilpres ke depan.

Advertisement

"Elektabilitas Sandiaga Uno selalu masuk lima teratas di beberapa hasil survei selama Mei hingga Agustus 2021. Elektabilitas Sandiaga semakin melejit usai menduduki jabatan menteri," kata Jusrianto dalam keterangan tertulis, Minggu (26/9).

Pada 15 Agustus 2021 Indonesia Political Opinion (IPO) melakukan survei dan menempatkan Sandiaga di urutan ketiga dengan nilai elektabilitas 13,5%. Kemudian pada 14 Juni 2021, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas Calon Wakil Presiden 2019 yang berpasangan dengan Prabowo Subianto tersebut berada di urutan keempat dengan perolehan 6,9%.

Tak hanya itu, hasil survei Indikator 5 Mei 2021 menunjukkan Sandiaga berada di urutan kelima, dengan perolehan elektabilitas 11,1%. Jusrianto juga menilai kinerja Sandiaga sebagai cukup baik, dengan hasil tiga lembaga survei yang selalu menempatkan Sandiaga masuk tiga besar.

"Bahkan, Puspoll Indonesia pada 20-29 April 2021 menunjukkan Sandiaga menempati urutan teratas dengan 11,3% merespons sangat baik, 68,5% menilai cukup baik," kata Jusrianto.

Pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017, Sandiaga memenangkan kontestasi dan menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, berpasangan dengan Anies Baswedan. Karir politiknya kemudian menanjak saat dia mengajukan diri sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019 mendampingi Menteri Pertahanan saat ini, Prabowo Subianto.

Jusrianto menilai Sandiaga memiliki sederet modal sebagai seorang politisi. Mulai dari kapasitas atau modal intelektual, modal sosial, modal ekonomi hingga kemampuan kepemimpinannya.

"Pilpres 2024 bisa jadi miracle terulang bagi Sandiaga. Misalnya, Gerindra mengusung Sandiaga apakah sebagai Capres atau Cawapres, sedangkan Prabowo jadi king maker," ujarnya.

Berdasarkan Databoks, survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, kalau Prabowo berpotensi memenangkan pemilihan presiden (pilpres) jika dilakukan pada saat ini. Pasalnya, elektabilitas pria yang juga menjadi Ketua Umum Partai Gerindra itu mencapai 26,2% dalam simulasi 15 nama.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement