Cek Fakta: Vaksin Pfizer Meningkatkan Risiko Tertular Covid-19?

Intan Nirmala Sari
26 Oktober 2021, 08:15
vaksin, vaksin covid-19, pfizer, cek fakta, gerakan 3M, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Ciro De Luca/WSJ/cf
Tenaga kesehatan menyiapkan dosis vaksin Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi penyakit virus korona (COVID-19) di Naples, Italia, Jumat (8/1/2021).
GNI: Keliru
 

Keabsahan vaksin Covid-19 lagi-lagi dipertanyakan publik di dunia maya. Itu terjadi usai artikel dari laman www.lifesitenews.com menyebarkan informasi bahwa vaksin jenis Pfizer rentan membuat penerima suntikan rentan terpapar virus corona.

Informasi tersebut mengacu pada studi Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat atau FDA. Artikel tersebut menafsirkan orang yang mendapatkan vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19 memiliki peluang lebih besar tertular Covid-19.

Tulisan berjudul "UPDATED. ‘if you get the Pfizer vax, you’re more likely to get COVID’: Industry analyst flags FDA"  itu tterbit pada 30 September 2021. Di bawah judul artikel disebutkan bahwa tingkat infeksi Covid-19 bagi mereka yang belum menerima vaksin adalah 1,3 %, sedangkan mereka yang sudah disuntik berpotensi hingga 4,34 %.

“Naik lebih dari 300 %,” kata mantan karyawan Pfizer, Karen Kingston. “Mereka memiliki risiko lebih sedikit infeksi ketika tidak memiliki perlindungan. Jadi itu masalah”.

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, faktanya pihak FDA membantah langsung artikel tersebut kepada AFP. Bahkan, juru bicara FDA menekankan kalau apa yang disorot pada artikel tersebut di luar konteks, karena mengacu pada berkurangnya kekebalan dari waktu ke waktu akibat varian Delta. “Klaim itu salah dan menyesatkan,” kata juru bicara FDA, dilansir dari AFP 12 Oktober 2021.

FDA juga melakukan evaluasi menyeluruh terhadap data dan informasi yang disampaikan dalam Biologics License Application (BLA) untuk Comirnaty (regulator yang menyetujui vaksin). Penjelasannya, vaksin tersebut aman dan efektif dalam mencegah Covid-19 pada individu berusia 16 tahun ke atas.

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...