Kemenperin Luncurkan Pusat Industri Digital, Ada Lima Layanannya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
2 Desember 2021, 17:08
Kemenperin, industri 4.0, digital, kemeterian perindustrian
Katadata

Kementerian Perindustrian alias Kemenperin resmi meluncurkan Pusat Industri Digital Indonesia (PIDI) 4.0. Harapnnya, pusat industri dapat mendukung pertumbuhan perekonomian nasional dan mampu berdaya saing di kancah global.

Penandatangan peluncuran pusat industri 4.0 dilakukan secara langsung oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Di mana, pembangunan PIDI 4.0 merupakan upaya dalam akselerasi penerapan industri 4.0.

Advertisement

"Alhamdulillah, meski sempat tertunda akibat pandemi, kami akhirnya dapat melakukan peluncuran fasilitas ini," kata Agus dalam acara peluncuran PIDI 4.0, Kamis (2/12).

PIDI 4.0 memiliki lima pilar atau layanan utama. Pertama, berfungsi sebagai showcase center dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat, atau pelaku industri tentang pentingnya industri 4.0. Selain itu, PIDI 4.0 juga menyajikan pengalaman nyata di sektor manufaktur dalam penerapan digitalisasi pada lini produksinya.

Kedua, menjadi pusat kapabilitas atau Capability Center, yakni pusat pelatihan untuk meningkatkan keahlian kepada para tenaga kerja industri dan aparatur sipil negara (ASN), terkait implementasi industri 4.0.

Ketiga, sebagai Ecosystem for Industry 4.0 atau tempat kolaborasi pengembangan implementasi industri 4.0. Pusat industri ini juga membangun dan menyediakan akses ke jaringan eksklusif ekosistem industri 4.0, serta rintisan utama kerja sama ekosistem industri 4.0 yang melibatkan institusi dalam dan luar negeri.

"Mulai dari teknologi provider, institusi pendidikan, service provider, dan lembaga litbang," katanya.

Keempat, Delivery Center, yakni tempat pendampingan industri dalam bertransformasi dari tahap discovery, hingga tahap pengembangan melalui layanan field and forum serta portal Do It Yourself (DIY).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement