Sarinah Jadi Lapak UMKM, BUMN Siapkan 4 Platform untuk Kreator Lokal

Intan Nirmala Sari
4 Desember 2021, 11:11
BUMN, UMKM, erick thohir
Katadata/Mandiri

Menteri Badan Usaha Milik Negara alias BUMN, Erick Thohir menyiapkan empat platform untuk mendukung kreator lokal. Harapannya, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan lebih berkembang ke depan. 

"Platform pertama terkait pendanaan, kami sudah siapkan lokomotif besar namanya BRI, yang mana bank tersebut fokus mendukung UMKM dan juga ke depannya mudah-mudahan mendukung brand lokal," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (4/12).

Kedua, Erick juga mengubah fokus bisnis Gedung Sarinah untuk 100 % memasarkan produk-produk merek lokal.

"Ketiga, kami sekarang sedang setup Merah Putih Fund. Merah Putih Fund ini akan menanamkan investasi ke startup-startup lokal yang founder startup itu adalah orang Indonesia, operasional kantornya di Indonesia, dan go public-nya di Indonesia," katanya.

Platform terakhir, alias keempat, yakni menjadikan salah satu perusahaan BUMN telekomunikasi, Telkomsel untuk fokus ke B to C mendukung gim lokal dan konten lokal. B to C yang berarti Business to Customer merupakan bisnis pelayanan atau penjualan barang atau jasa kepada konsumen perorangan atau grup secara langsung.

"Ini semua menjadi ekosistem, ada pembiayaan, ritel, ada yang mendukung startup, dan ada juga yang mendukung konten, serta gim lokal," ujarnya. 

Erick juga mengatakan, kalau BUMN merupakan sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia dan sudah waktunya bisa menjadi penyeimbang dan melakukan intervensi pasar. Namun, dia juga memastikan kalau pemerintah tidak anti terhadap pihak ataupun investor asing.

"Tidak (anti). Ini sebagai keseimbangan," katanya.

Sebelumnya, Erick mengungkapkan BUMN siap meneruskan kolaborasi dengan seluruh komunitas kreatif Indonesia. BUMN juga siap meneruskan kolaborasi program dan kegiatan dengan jejaring komunitas kreatif di seluruh Indonesia, sehingga dapat memajukan berbagai potensi kreativitas bangsa mendunia.

Di samping itu, Menteri BUMN itu juga mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai, mengapresiasi, membeli serta mengonsumsi produk-produk buatan dalam negeri. Upaya itu untuk memastikan kalau pasar Indonesia bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam penyelenggaraan Urban Sneaker Society (USS) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Erick juga mengapresiasi kreasi dan inovasi produk buatan anak bangsa. Generasi muda Indonesia dipandang memiliki kemampuan dan kemauan besar untuk maju dan berkembang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...