Mantan Ketua BPK Harry Azhar Azis Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Intan Nirmala Sari
18 Desember 2021, 18:46
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) mengucapkan selamat kepada Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis (kiri) yang didampingi istrinya Amanah Abdulkadir (kedua kiri) usai Pengucapan Sumpah Jabatan Anggota BPK Periode 2019-2024 di Mahkamah
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) mengucapkan selamat kepada Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis (kiri) yang didampingi istrinya Amanah Abdulkadir (kedua kiri) usai Pengucapan Sumpah Jabatan Anggota BPK Periode 2019-2024 di Mahkamah Agung, Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Kabar duka datang dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK, yang mengumumkan meninggalnya anggotanya Harry Azhar Azis, Sabtu (18/12) sore. Kabar tersebut disampaikan melalui akun resmi BPK RI di Twitter.

“Innaa lillahi wa inna ilaihi rooji’uun, telah meninggal dunia Anggota V BPK RI, Harry Azhar Azis,” tulis akun @bpkri di Twitter, pukul 17.02 WIB hari ini.

Selain melampirkan foto almarhum, akun BPK RI juga turut mendoakan agar Allah SWT menerima semua amal ibadah Almarhum dan mengampuni segala dosa dan kesalahannya. Selain itu, untuk keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran dan ketabahan.

“Saat ini Almarhum disemayamkan di rumah dinas di Jakarta,” kata Selvia Vivi Devianti, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK di laman resmi, Sabtu (18/12).

Harry Azhar Azis saat ini menjabat sebagai Anggota V atau Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V. Almarhum mengawali perjalanan karier dan pengabdian di BPK sejak Oktober 2014 hingga Oktober 2019.

Pria kelahiran Kepulauan Riau, 25 April 1956 tersebut, kemudian terpilih kembali sebagai Anggota BPK untuk periode Oktober 2019 hingga 2024.

Almarhum juga pernah menjabat sebagai Ketua BPK pada Oktober 2014 sampai April 2017. Politisi dari Fraksi Golkar tersebut sempat dilengserkan secara aklamasi dan digantikan Moermahadi Soerja.

Ucapan duka juga mulai berdatangan, salah satunya dari sahabat almarhum yang juga Anggota III BPK RI, Achsanul Qosasi. Dalam akun Twitter @AchsanulQosasi, dia membagikan kenangannya bersama almarhum dalam 12 tahun terakhir. Dia juga membagikan beberapa foto kebersamaannya dengan almarhum. 

"Selamat Jalan Sahabat dan Senior dalam 12 Tahun Bersama.. Prof.Dr. Harry Azhar Azis. MA Phd. Kenangan perjalanan kami di DPR & BPK tak akan pernah hilang terlupakan. Selamat Jalan Pak Harry," tulisnya. 

Sejak masih di bangku kuliah, Harry mengasah kemampuan berpolitiknya dengan terlibat aktif di berbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan. Ia tercatat sebagai Presidium Dewan Mahasiswa APP Departemen Perindustrian RI, ketua umum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) periode 1983-1986, dan aktif di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...