Tenda Kemah hingga Kapal Bakal Jadi Akomodasi Wisatawan MotoGP 2022

Andi M. Arief
10 Januari 2022, 17:31
Wisatawan, Pariwisatan, Sirkuit Mandalika, MotoGp
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU
Pembalap tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK Toprak Razgatlioglu (54), pembalap tim Kawasaki Racing WorldSBK Jonathan Rea (1) dan pembalap Aruba.it Racing Ducati Scott Redding (45) memacu motornya saat race 2 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi jumlah wisatawan yang bakal menyaksikan MotoGP Sirkuit Mandalika 2022 mencapai 100 ribu orang. Pemerintah sedang menyiapkan akomodasi tambahan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Kemenparekraf mendata, jumlah kamar hotel di Lombok hanya sekitar 23 ribu unit, sedangkan kamar hotel di Kota Mataram berjumlah 2.758 unit. Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok memprediksi okupansi hotel saat MotoGP berlangsung mencapai 100 %.

"Oleh karena itu, pemerintah mendorong (pembangunan) hunian pariwisata yang dibangun (Kementerian) PUPR untuk mengakomodir perhelatan MotoGP ini," Kata Menteri Parekraf Sandiaga S. Uno dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1). 

Sandiaga mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat alias PUPR telah menambah 398 sarana hunian pariwisata. Selain itu, Pemda Lombok bekerja sama dengan PT Eiger MPI untuk menyediakan 100 unit tenda berkapasitas 400 orang  untuk wisatawan yang ingin berkemah di sekitar kawasan Mandalika. 

Adapun Kementerian Perhubungan akan menyediakan akomodasi di atas kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni).  Selain itu, Sandiaga mengatakan beberapa pemilik kapal swasta bersedia mengubah kapalnya menjadi akomodasi wisatawan selama ajang MotoGP. 

Selain di Nusa Tenggara Barat, Kemenparekraf akan menyiapkan akomodasi di Pulau Bali, khususnya di kawasan Nusa Dua dan sekitarnya. Untuk akomodasi ini, penyewaan akomodasi akan dijual bersama tiket  pesawat menuju kawasan Mandalika. 

Sandiaga menilai sekitar separuh pengunjung ajang MotoGP merupakan penduduk Lombok. Dengan demikian, Sandiaga optimistis seluruh wisatawan akan terlayani dengan berbagai tambahan akomodasi selama ajang MotoGP berlangsung. 

"Keperluan lainnya seperti restoran dan toilet (juga) akan kami siapkan," kata Sandiaga. 

Di sisi lain, Sandiaga memproyeksikan ajang MotoGP bakal meningkatkan perekonomian lokal sekitar 20 % hingga 30 %. Untuk memanfaatkan momentum itu, Sandiaga akan mempersilahkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memamerkan produknya sebelum, saat, dan setelah ajang MotoGP berlangsung di sekitar kawasan Mandalika. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...