Manjakan Penumpang, KAI Sediakan Taman Instagramable di Stasiun

Taman indoor instagramable dibangun di hall tengah Stasiun Gambir. Kehadiran fasilitas satu ini menjadi komitmen PT KAI mendorong gerakan penghijauan stasiun.
Image title
29 Januari 2022, 16:57
KAI, pT KAI, instagram
KAI
Titik di Stasiun Gambir Jakarta yang hijau dan instgramable

Perusahaan transportasi milik negara, PT Kereta Api Indonesia alias KAI hadirkan inovasi baru untuk memanjakan para penumpang kereta. Salah satu langkah yang dipilih, yakni mempercantik fasilitas ruang tunggu Stasiun Gambir dengan suasana alam.

PT KAI Daop 1 Jakarta menyajikan fasilitas terbaru ruang tunggu dengan suasana alam yang dijamin instagramable. Dengan begitu, penumpang tak hanya nyaman menunggu kereta datang, tapi juga  dimanjakan dengan suasana alam indoor yang layak diabadikan, kemudian diunggah ke akun Instagram.

 

Taman indoor instagramable tersebut, dibangun di hall tengah Stasiun Gambir. Kehadiran fasilitas satu ini merupakan komitmen PT KAI dalam mendorong gerakan penghijauan stasiun. 

Advertisement
Stasiun
Stasiun (KAI)

 

Tak hanya dikelilingi tanaman hidup, fasilitas ruang tunggu juga dilengkapi kolam kecil, serta beberapa tempat duduk penumpang yang bisa dimanfaatkan untuk menunggu keberangkatan kereta api. Para pelanggan juga bisa melakukan foto selfie atau mengabadikan momen saat menunggu keberangkatan di taman tersebut.

Selain di Stasiun Gambir, penghijauan stasiun juga dilakukan di Pasarsenen, Jatinegara dan sejumlah area stasiun lain nya melalui kegiatan penanaman pohon. Hal ini merupakan wujud keselarasan pembangunan infrastruktur dengan tetap mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga ekosistem lingkungan setempat.

"Konsep ramah lingkungan melalui penghijauan juga diharapkan dapat menjadikan udara lebih baik dan bersih, mengurangi dampak dari pemanasan global serta menyerap berbagai polusi udara," kata Eva Chairunisa, Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta dalam keterangan resminya, Sabtu (29/1).

Ke depan, KAI Daop 1 bakal terus meningkatkan layanan bagi pelanggan kereta api. Upaya tersebut akan dibarengi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ketat, demi mewujudkan tranportasi kereta api yang sehat dan nyaman.

Terhitung November 2021, penumpang kereta api bisa melakukan perjalanan cukup menggunakan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen. Tes Antigen dilakukan maksimal sehari sebelum keberangkatan.

Aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya surat edaran alias SE Kementerian Perhubungan Nomor 97 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 2 November 2021.

Pada aturan sebelumnya, KAI memberikan pilihan kepada calon penumpang. Dalam ketentuan lama disebutkan pelanggan KA Jarak Jauh wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Untuk membantu calon pelanggan melengkapi persyaratan tersebut, KAI telah menyediakan 71 stasiun yang melayani Test Antigen seharga Rp 45 ribu. Ke-71 stasiun tersebut di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Gubeng.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait