ESDM Berupaya Jaga Pasokan Batu Bara Domestik di Tengah Lonjakan Harga

Image title
9 Maret 2022, 19:08
Pekerja melintas di dekat kapal tongkang pengangkut batubara di kawasan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Pekerja melintas di dekat kapal tongkang pengangkut batubara di kawasan Dermaga Batu bara Kertapati milik PT Bukit Asam Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/1/2022).

Kementerian ESDM terus berupaya menjaga pasokan batu bara melalui kebijakan kewajiban pemenuhan pasar domestik atau domestic market obligation (DMO). Upaya ini di tengah melambungnya komoditas emas hitam tersebut di pasar internasional belakangan ini.

Direktur Pembinaan Program Ditjen Minerba, Sunindyo Suryo Herdadi mengatakan produksi nasional tahun ini ditargetkan mencapai 663 juta ton. Dari target tersebut, sekitar 166 juta ton diperuntukkan bagi kebutuhan DMO batu bara.

Adapun hingga Januari lalu, Sunindyo mengatakan produksi batu bara baru tercatat 34 juta ton, atau 5% dari total target tahun ini. Karena itu, pihaknya mendorong agar perusahaan tambang dapat menggenjot aktivitas produksinya.

"Sehingga kami bisa menjangkau semua kebutuhan dalam negeri dan juga ekspor. Terutama yang sudah ditandatangani oleh semua kontrak," ujar Nindyo dalam JFCC Virtual Discussion on Coal Energy, Rabu (9/3).

Selain itu, pemerintah mempunyai strategi guna mengamankan pasokan batu bara dalam negeri.  Salah satunya, dengan tetap mematok harga batu bara untuk DMO, maksimal US$ 70 per ton di tengah tren kenaikan harga batu bara di pasar internasional.

Kementerian ESDM juga memastikan kepatuhan produsen batu bara memasok komoditas emas hitam tersebut untuk kebutuhan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Kementerian dan PLN telah menyiapkan sistem enforcement real time yang menggabungkan pengawasan di lapangan. Ada juga sistem digital yang terintegrasi dengan sistem informasi manajemen di Ditjen Minerba.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...