Utang Ukraina Bengkak, Moody's Pangkas Peringkat Kredit

Intan Nirmala Sari
21 Mei 2022, 08:55
utang, ukraina, moodys, rusia, inveasi rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko/aww/cf
Alexander Ermochenko Warga lokal berjalan melewati bangunan yang hancur saat konflik Ukraina-Rusia di selatan kota pelabuhan Mariupol, Ukraina, Kamis (12/5/2022).

Lembaga pemeringkat utang Moody's memangkas peringkat kredit Ukraina menjadi Caa3 dari Caa2, dengan pandangan negatif pada Jumat (20/5). Keputusan tersebut diambil menyusul meningkatnya risiko terhadap keberlanjutan utang pemerintah sepanjang aksi invasi Rusia.

"Ukraina mendapat manfaat dari komitmen besar dukungan keuangan internasional, membantu mengurangi risiko likuiditas langsung. Kenaikan signifikan dalam utang pemerintah kemungkinan tidak berkelanjutan dalam jangka menengah," kata lembaga pemeringkat dilansir dari Reuters, Sabtu (21/5).

Advertisement

Perusahaan multinasional itu juga sebelumnya terus meninjau pandangan pemeringkatan utang negara itu, kemudian merevisinya. Itu karena ketidakpastian seputar evolusi perang dan implikasi kredit yang terkait dengannya.

Sementara itu, para pemimpin keuangan negara G7 sepakat untuk menyalurkan bantuan baru ke Ukraina senilai US$ 9,5 miliar pada Jumat (20/5). Upaya tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa negara pecahan Uni Soviet tersebut memiliki cukup uang untuk menjaga ekonomi negara dan bertahan terhadap dampak invasi Rusia.

Adapun Moody's memperkirakan konflik militer di Ukraina akan lebih lama dari yang diperkirakan semula. Alhasil, produk domestik bruto atau PDB riil negara itu diprediksi bakal menyusut sekitar 35 % pada 2022.

Moody's juga memprediksi pertumbuhan ekonomi Ukraina baru akan memulai pemulihan pada 2023, di mana invasi Rusia dinilai telah menyebabkan kerusakan permanen pada PDB negara itu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement