Tarif Listrik Bakal Naik, Penjualan di Daerah Ini Tertinggi Nasional

Intan Nirmala Sari
21 Mei 2022, 10:55
listrik, pln, tarif listrik
ANTARA FOTO/ Irwansyah Putra/nym.
Petugas PT PLN (Persero) melakukan perbaikan dan perawatan untuk mengoptimalkan jaringan listrik di Banda Aceh, Aceh, Kamis (28/4/2022). PT PLN (Persero) menyiagakan 48.442 personel di 2.925 posko siaga di seluruh tanah air untuk merawat dan memperbaiki jaringan listrik apabila terjadi gangguan selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Perusahaan Listrik Negara mencatat Riau dan Kepulauan Riau sebagai daerah dengan angka penjualan listrik tertinggi secara nasional, periode Januari sampai April 2022. Sementara itu, dalam waktu dekat pemerintah berencana menaikkan tarif listrik Tanah Air untuk kategori tertentu.

"Pertumbuhan penjualan listrik tertinggi hingga April 2022 terjadi di Riau dan Kepulauan Riau, yaitu sebesar 43,8 % (dibandingkan periode yang sama tahun lalu)," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Diah Ayu Permatasari dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu (21/5).

Adapun wilayah dengan pertumbuhan penjualan listrik kedua tertinggi adalah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat mencapai 23,5 %. Lalu, posisi ketiga berasal dari wilayah Bangka Belitung dengan pertumbuhan 12,8 % dibandingkan tahun lalu.

Secara nasional, penjualan listrik sepanjang Januari hingga April 2022 mencapai 88.803 gigawatt jam (GWh) atau mengalami pertumbuhan sebesar 8,62 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu, yakni 81.756 GWh. Level tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2022, yaitu sebesar 5,01 % secara year on year (yoy).

Diah mengatakan penjualan listrik yang meningkat dipicu oleh berbagai program transformasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Selain itu, pencanangan program intensifikasi dan ekstensifikasi penjualan yang dilaksanakan oleh PLN selama pemulihan ekonomi pasca pandemi, juga mendongkrak angka penjualan listrik.

"Kami terus melakukan inovasi untuk mendorong penjualan listrik. Untuk pelanggan rumah tangga, kami mendorong electrifying lifestyle," ujar Diah.

Strategi intensifikasi penjualan tenaga listrik dilakukan PLN dengan mendorong penggunaan listrik pelanggan untuk kegiatan produktif. Langkah itu dilakukan melalui rangkaian program bundling dan promo tambah daya.

Halaman:
Reporter: Antara, Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...