Milenial Diminta Lahirkan Rekomendasi Kebijakan Konkret di KTT Y20

Intan Nirmala Sari
19 Juni 2022, 13:34
y20, g20, ktt y20, pemuda, milenial, gen z
BRI

Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Y20 diharapkan mampu melahirkan rekomendasi kebijakan konkret dari kalangan generasi muda. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf juga menyatakan kesiapannya bekerja sama dengan generasi muda, dalam mendukung pariwisata Tanah Air. Hal tersebut didukung kondisi penduduk Indonesia, di mana 55 % berasal dari kalangan milenial dan Gen Z

Sebagaimana diketahui, Kemenparekraf memimpin kelompok kerja G20 Tourism Working Group (TWG). Dari banyaknya rangkaian kegiatan G20, terdapat juga KTT yang dilangsungkan generasi muda dari 20 negara anggota atau dikenal dengan Youth 20 (Y20). 

Diskusi high-level panel Y20 berlangsung di Manokwari, Papua Barat pada Sabtu (18/6), membahas peluang reformasi kebijakan untuk mewujudkan keberagaman dan inklusi. Menghadirkan para narasumber high-level panel yang terdiri dari pembuat kebijakan serta praktisi, kegiatan tersebut turut mendorong keterlibatan anak muda di Presidensi G20 Indonesia.

Apalagi, para delegasi Y20 nantinya akan menghasilkan Communique atau rekomendasi kebijakan yang ditujukan kepada para pemimpin G20. Communique tersebut akan menyentuh topik keberagaman dan inklusi yang menjadi isu prioritas di Pra-KTT keempat Y20.

“Jika kita ingin relevan di TWG, kita perlu terlibat dengan para pemikir muda yang sangat progresif, kreatif, inovatif, untuk memberikan masukan dan ide. Kita perlu beradaptasi, berinovasi, berkolaborasi agar bisa recover together, recover stronger, dan tentunya, recover better,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Minggu (19/6).

G20 Indonesia Co-Sherpa, Dian Triansyah Djani mengatakan pemerintah berharap Presidensi G20 dapat mewujudkan hasil konkret, termasuk memastikan pemulihan dari pandemi yang inklusif dalam bentuk proyek dan inisiatif. Selain itu, anak muda diminta untuk memainkan peran penting sebagai katalisator aksi bagi pemimpin G20.

"Kalian dapat menyuarakan ide hingga menginisiasi program dan kolaborasi,” ujar Dian yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Program Prioritas Kemenlu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...