Ilmuwan BRIN dan BMKG Ramal Hujan Ekstrem Jumat Sore

Andi M. Arief
29 Desember 2022, 16:37
bmkg, cuaca, cuaca ekstrem, brin
ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/foc.
Sejumlah kapal nelayan bersandar di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta, Rabu (28/12/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi potensi cuaca ekstrem akibat fenomena monsun Asia, seruak udara dingin dan aliran lintas ekuator yang melanda sejumlah provinsi di Indonesia akan mereda pada tanggal 5-10 Januari 2023.

Perbedaan pendapat antara peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG menjadi sorotan publik. Kedua lembaga pemerintah itu bertolak belakang dalam memperkirakan cuaca pada Rabu (28/12). 

Peneliti BRIN Erma Yulihastin memperkirakan akan terjadi badai besar di Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (28/12). Ramalan badai dahsyat ini dibantah BMKG. Cuaca Rabu kemarin pun sesuai dengan perkiraan BMKG yakni hujan dengan intensitas sedang dan tinggi, tanpa badai. 

Berbeda dalam meramal cuaca pada Rabu kemarin, peneliti BRIN dan BMKG kompak memperkirakan hujan besar yang akan terjadi pada Jumat (30/12).  Pada Jumat besok kemungkinan ada peningkatan intensitas hujan.

Ilmuwan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin memprakirakan akan ada bom awan yang siap memasok hujan ke kawasan Jabodetabek. Menurutnya, awan hujan masuk dari Samudra Hindia akan masuk melalui daerah Tangerang.

Adapun, Erma meramalkan cuaca tiga daerah yang akan diguyur hujan secara konsisten pada hari ini, yakni Laut Jawa di utara DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur. Namun, ilmuwan BRIN itu menilai hujan yang terjadi di Ibu Kota tidak akan sekuat di dua daerah lainnya.

"Hujan di Jabodetabek bisa diperparah dengna propagasi konveksi dari Lampung," cuit Erma pada Rabu (28/12), yang dikutip Kamis (29/12).

Peningkatan hujan juga di beberapa titik, yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali, dan Lombok. Menurutnya, peningkatan hujan berasosiasi dengan pembentukan badai konvektif skala meso yang ada di Laut Jawa.

Senada, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan akan ada peningkatan intensitas hujan pada 30-31 Desember 2022. Berdasarkan prakiraan BMKG, hujan baru akan mengguyur Tanah Air mulai siang-sore hari, sementara itu intensitas akan menuju kondisi ekstrem dari sore hingga dini hari.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...