Elektabilitas Ganjar di Pemilu 2024 Tinggi, Nasib Tak Sebaik Prabowo

Intan Nirmala Sari
8 Januari 2023, 19:07
tiga capres terkuat 2024
Katadata
tiga capres terkuat 2024

Elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan masih menempati posisi tiga teratas jelang Pemilu 2024, menurut survei Voxpopuli Research Center terbaru. Di antara ketiga nama tersebut, Ganjar menjadi capres yang harus berjuang ekstra untuk bersaing dilingkup internal demi bisa maju dalam pemilihan presiden tahun depan.   

Dalam temuan survei tersebut, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 23,8%, diikuti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yakni 20,2%. Sementara itu, mantan Gubernur DKI dan juga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies memperoleh eletabilitas 18,7%.

"Kilas balik setahun terakhir posisi tiga besar dalam bursa capres makin kokoh ditempati Ganjar, Prabowo, dan Anies," kata Direktur Komunikasi Voxpopuli Research Center Achmad Subadja dilansir dari Antara, Minggu (8/1).

Menurut Achmad, tren kenaikan elektabilitas Ganjar sudah terjadi sejak awal pandemi Covid-19 atau pada pertengahan 2020. Posisi Gubernur Jawa Tengah itu terus bersaing ketat dengan Prabowo yang sudah dua kali mengalami kekalahan pada perhelatan pilpres sebelumnya.

Hanya saja, Achmad menilai nasib Ganjar tidak sebaik Prabowo yang relatif memegang kendali atas partai politik. Ganjar masih harus bersaing di internal PDIP, di mana Puan Maharani diperkirakan juga akan bertarung dalam bursa Capres 2024.  

"Apakah Ganjar akan mendapat tiket, bergantung pada keputusan PDIP yang akan dikeluarkan pada 2023 ini," ujar dia.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...