Progres di Atas 50%, 5 Tol Trans Sumatera Ini Ditargetkan Rampung 2023

Intan Nirmala Sari
23 Januari 2023, 13:26
Pembangunan jalan tol trans Sumatera, Indrapura - Kisaran\(Seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78% per Januari 2023.
Hutama Karya
Pembangunan jalan tol trans Sumatera, Indrapura - Kisaran\(Seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78% per Januari 2023.

PT Hutama Karya menyatakan rata-rata progres pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sudah melampaui 50%. Kehadiran JTTS diharapkan menjadi stimulus yang akan meningkatkan perekonomian kawasan.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro menyebutkan beberapa ruas itu di antaranya Tol Simpang Indralaya - Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih), Indrapura - Kisaran (Seksi 1 dan 2), Binjai - Langsa (Seksi Binjai - Pangkalan Brandan), Sigli - Banda Aceh (Seksi 1,5,6) dan Tol Pekanbaru - Padang (Seksi Bangkinang - Pangkalan).

Advertisement

“Keseluruhan ruas tersebut progres pembangunannya sudah cukup signifikan, rata-rata di atas 50%,” ujar Koentjoro dalam keterangan resmi, Senin (23/1).

Rinciannya, pembangunan jalan tol trans Sumatera jalur Simpang Indralaya - Muara Enim (Seksi Simpang Indralaya - Prabumulih) sepanjang 65 km sudah mencapai 89%. Adapun pekerjaan struktur, pengerjaan rest area masih berjalan, sedangkan pengerjaan pintu tol dan satu simpang susun selesai di garap.

Perusahaan BUMN itu berharap jalan tol tersebut mampu mendukung percepatan mobilitas masyarakat di wilayah Sumatera Selatan bagian Ogan Ilir, Prabumulih dan Muara Enim.

Sementara itu, untuk mendukung konektivitas sentra-sentra produksi hingga akses ke berbagai destinasi wisata di Sumatra Utara dan sekitarnya, pembangunan jalan tol Indrapura - Kisaran (Seksi 1 dan 2) sepanjang 47 km sudah mencapai 78%. Jalan tol tersebut akan dilengkapi dengan dua simpang susun dan dua gerbang tol.

Untuk Jalan Tol Binjai - Langsa (Seksi Binjai - Pangkalan Brandan) sepanjang 58 km, saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 58%. Jalan tol ini nantinya memiliki tiga gerbang tol, tiga simpang susun, 26 jembatan dan direncanakan memiliki satu rest area. Jalan tol tersebut diharapkan mampu memperlancar akses menuju kawasan produktif dan destinasi wisata di wilayah Sumatra Utara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement