Kerap Tergenang Air, Ruas Tol BSD KM 8 Arah Jakarta Resmi Beroperasi

Intan Nirmala Sari
25 Februari 2023, 08:05
tol BSD, jalan tol, update me
Katadata (Courtesy of Sinarmas)

Proyek Peninggian Jalan Tol Ruas Pondok Aren Serpong KM 8 arah Jakarta resmi dioperasikan secara fungsional mulai Minggu (25/2), pukul 00.00 WIB. Hal itu diumumkan PT Bintaro Serpong Damai (BSD) anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN), sebagai pengelola dan operator Tol BSD yang menyatakan proyek telah memenuhi persyaratan fungsional dari Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT.

Proyek peninggian Jalan Tol BSD KM 8 dianggap sebagai langkah konkret BSD dalam mengatasi permasalahan genangan air yang kerap terjadi di lokasi tersebut apabila intensitas hujan tinggi. “Diharapkan kedepannya pengguna jalan jadi lebih nyaman dan tidak terhambat lagi akibat adanya genangan air pada saat melintas,” kata Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai, Purwoto dalam keterangan resminya kepada Katadata.co.id, Minggu (25/2).

Sebagai informasi, pekerjaan peninggian Jalan Tol BSD KM 8 dikerjakan secara bertahap agar ruas tersebut dapat tetap dilewati kendaraan. Untuk tahap awal, peninggian KM 8 dilakukan untuk arah Jakarta terlebih dahulu. Selanjutnya, secara bergantian akan dilakukan untuk arah sebaliknya (arah Serpong/BSD).

Untuk peninggian di kedua ruas, diharapkan selesai pada kuartal dua tahun ini. Adapun lingkup konstruksi yang dilakukan diantaranya, mengganti box culvert menjadi jembatan bentang 20 meter agar aliran air dapat cepat mengalir, meninggikan jalan untuk kedua ruas, serta membangun kolam retensi di sisi jalan guna menambah area tampungan air sementara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...