Nasib Ganjar, Prabowo dan Anies Bergantung Cawapres yang Digandeng

Intan Nirmala Sari
26 Maret 2023, 17:41
cawapres
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/rwa.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan pemaparan saat menghadiri Forum Investasi Jawa Barat di Bandung, Jawa Barat, Selasa (28/2/2023). Forum Investasi Jawa Barat dengan tema "Jawa Barat Juara Investasi" yang dihadiri oleh pelaku usaha tersebut ditujukan untuk mendorong investasi dalam memperkuat hilirasi dan kemitraan untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan di Jawa Barat.

Lembaga survei, Indikator Politik Indonesia menilai nasib elektabilitas tiga calon presiden teratas untuk pemilihan umum 2024, sangat bergantung pada calon wakil presiden atau cawapres yang akan mendampingi. Hal ini menyusul belum adanya elektabilitas Capres 2024 yang mendominasi hingga Maret 2023. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi memaparkan terjadi ketidakpastian ditingkat elite maupun masa, terkait dominasi elektabilitas Capres 2024.

Berdasarkan survei periode Februari 2023 hingga Maret 2023, tren elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung stagnan, Anies Baswedan mengalami pelemahan, sedangkan Prabowo Subianto mengalami rebound atau peningkatan setelah sempat mengalami penurunan di awal 2023.

Dalam simulasi 34 nama semi terbuka terhadap calon presiden, Ganjar masih menjadi calon yang paling banyak dipilih, yakni 30,8%. Sedangkan Prabowo dan Anies, masing-masing memperoleh 21,7%. Adapun Ridwan Kamil mendapat 6,3%, dan calon-calon lainnya kurang dari 2%. 

"Karena situasi tidak pasti, tidak ada capres yang mendominasi, maka cawapres sangat krusial, perlu pilihan tepat," kata Burhanuddin dalam paparannya, Minggu (26/3).

Adapun dari survei simulasi 18 nama cawapres 2024, peringkat teratas yang paling banyak dipilih adalah Ridwan Kamil dengan 20,3%. Sedangkan cawapres lainnya adalah Sandiaga Uno dengan 14,2%, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY 13,4%, dan Erick Thohir 12,9%.

Meskipun Ridwan Kamil unggul, Burhanuddin mengatakan secara trennya cenderung mengalami penurunan dari Juni 2022. Menariknya, dari empat nama Cawapres 2024 tersebut, elektabilitas Eric Thohir mengalami peningkatan cukup besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...