Kemenkes Siapkan Transisi Usai WHO Akhiri Kedaruratan Global Covid-19

Intan Nirmala Sari
6 Mei 2023, 11:20
Petugas medis beada memasuki ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/2/2020).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Petugas medis beada memasuki ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/2/2020).

Kementerian Kesehatan terus berkonsultasi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempersiapkan proses transisi pandemi. Hal ini menyusul keputusan Direktur Jenderal WHO untuk mencabut status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) untuk Covid-19 pada Jumat (5/5).

Indonesia sendiri sebelumnya sudah bersiap bertransisi dari pandemi ke endemi, dengan berkonsultasi dengan WHO. Di mana, menurut WHO persiapan Indonesia dipandang baik dalam menghadapi transisi pandemi ke endemi.

“Kami telah berkonsultasi dengan Dirjen WHO dan tim WHO baik di Jenewa dan Jakarta, untuk Indonesia mempersiapkan transisi pandemi beberapa waktu lalu sebelum pencabutan status PHIEC diumumkan WHO,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr.Mohammad Syahril dalam keterangan resmi Sabtu (6/5).

Kemenkes juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh tenaga medis dan tenaga kesehatan yang telah berjuang bersama, sehingga penularan Covid-19 Indonesia dapat terkendali. "Saat ini kita bersama-sama menuju pengakhiran kondisi kedaruratan,” katanya.

Kendati status kegawatdaruratan pandemi sudah dicabut, pemerintah tetap mengedepankan kesiapsiagaan dan kewaspadaan. WHO juga menegaskan perlunya masa transisi untuk penanganan Covid-19 jangka panjang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...