Industri Asuransi Melaju, Kinerja AIA Juga Positif di Tengah Pandemi

Intan Nirmala Sari
4 Mei 2021, 17:31
Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, Kinerja Industri Asuransi berhasil bukukan pendapatan premi asuransi mencapai Rp 77,39 triliun per Februari 2021. Asuransi jiwa mendominasi pendapatan premi dengan membukukan capaian Rp 34,61 triliun.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Petugas keamanan berjaga di Kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Rabu (10/6/2020).

Perusahaan asuransi jiwa AIA membukukan kinerja  positif pada 2020. Aset yang terkumpul sebesar Rp 53,3 triliun, meningkat dari periode yang sama di tahun sebelumnya yakni Rp 50 triliun. Capaian tersebut berhasil ditembus berkat meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap perlindungan akibat pandemi Covid-19.

Di tahun lalu, AIA juga mencatatkan pendapatan premi Rp 13,5 triliun dengan rasio pencapaian solvabilitas hingga 630 persen atau jauh di atas ketentuan pemerintah sebesar 120 persen. Dengan begitu, perusahaan asuransi tersebut memiliki kemampuan untuk menuhi kewajibannya di jangka panjang termasuk melindungi seluruh nasabah.

Menurut manajemen AIA, perusahaan asuransi ini menempati posisi teratas dalam jumlah uang pertanggungan yang mencapai Rp 686 triliun. Pencapaian positif tersebut melampaui catatan di periode sebelum pandemi Covid-19 yakni di 2019. 

Presiden Direktur AIA Sainthan Satyamoorthy mengatakan, pihaknya telah memiliki pengalaman lebih dari 100 tahun dalam memberikan proteksi kepada masyarakat di kawasan Asia Pasifik. Upaya tersebut dicapai melalui produk yang dirancang untuk menghadapi berbagai kondisi termasuk pandemi.

“Peran kami di masa yang sangat menantang begitu besar untuk memberikan proteksi bagi masyarakat serta membantu mereka menjalani masa pandemi dengan rasa tenang," kata Sainthan dalam keterangan resminya, Selasa (4/5).

AIA telah memproteksi nasabah dengan membayar total klaim dan manfaat sepanjang 2020 sebesar Rp 3,2 triliun dari produk asuransi konvensional serta unit syariah. Dalam mengembangkan bisnisnya, AIA juga berfokus pada prioritas strategi yang mencakup compelling propositions, unrivalled distributions, dan leading customer experience

Dalam menghadapi pandemi secara responsif, AIA telah meluncurkan berbagai produk dan layanan. Beberapa inisiatif tersebut seperti pemasaran tanpa tatap muka fisik AIA DigiBuy dan Proteksi Lebih yang memberikan manfaat tambahan santunan tunai Rp 1,5 juta per hari selama rawat inap hingga maksimum 30 hari jika nasabah positif Covid-19. Lalu ada AIA Power Pro Life yang dipasarkan melalui kanal distribusi keagenan dan Maxi Protection Plus di kanal bancassurance

Awal 2021, AIA juga meluncurkan AIA Vitality, suatu terobosan program health & wellness yang terhubung dengan layanan inti perlindungan jiwa AIA di Indonesia sekaligus wujud inovasi dari konsep shared value yang diusung AIA.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...