Unit Usaha Nusantara Infrastructure Disuntik Rp 750 Miliar oleh BCA

Intan Nirmala Sari
1 September 2021, 21:21
Nusantara infrastructure, jalan tol, Saham META, Bank Central Asia, BCA
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (31/7/2021). Jalan Tol sepanjang 2,65 km tersebut mulai beroperasi secara gratis dari tanggal 31 Juli-7 Agustus 2021. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

Unit usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), PT Bintaro Serpong Damai (BSD) memperoleh dana pinjaman sebesar Rp 750 miliar dari PT Bank Central Asia Tbk (BBCA). Fasilitas kredit investasi tersebut akan digunakan untuk mendukung pembiyaan dan pengembangan proyek jalan tol.

BSD merupakan pengelola dan operator Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong. Beberapa proyek yang akan dibangun menggunakan fasilitas kredit dari BCA diantaranya untuk konstruksi penanganan banjir (Peninggian) pada kilometer (KM) 8 Jalan Tol Pondok Aren-Serpong, konstruksi tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang (weaving), serta proyek pembangunan jalan akses Tol Makassar New Port, Sulawesi Selatan.

Advertisement

Penandatanganan perjanjian fasilitas kredit investasi dilakukan oleh Direktur Utama PT Bintaro Serpong Damai (BSD) dan perwakilan pihak PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pada Senin (30/8) di Jakarta. Adapun tenor fasilitas kredit investasi adalah 5 tahun dengan skema fixed-interest rate alias bunga pinjaman tetap.

Direktur Utama BSD Purwoto mengatakan, fasilitas kredit diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kegiatan operasional, sekaligus memperkuat stabilitas finansial perusahaan dalam pengembangan proyek strategis. “Proyek ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai aset dan value perusahaan dalam waktu dekat,” kata Purwoto dalam keterangan resmi, Rabu (1/9).

Dia menambahkan bahwa pembangunan proyek dilakukan sesuai permintaan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk mengatasi kemacetan dan permasalahan banjir di Wilayah Tangerang Selatan. Untuk diketahui, konstruksi penanganan banjir di KM 8 menjadi dukungan perusahaan untuk mencegah terjadinya banjir tahunan di Area Tol Jakarta – BSD/Serpong. Kondisi tersebut terjadi akibat perubahan tata guna lahan di sekitar area tol.

Pembangunan kawasan pemukiman di Tangerang Selatan dinilai turut mengakibatkan berkurangnya area resapan air, sehingga kondisi genangan di Tol BSD terjadi hampir setiap tahun sejak 2008. Proyek diharapkan mampu mengatasi bencana banjir yang terjadi akibat penyempitan sungai.

Proyek konstruksi tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang bertujuan menghilangkan potensi weaving pada lokasi tersebut. Selain itu, proyek juga bertujuan meminimalisir potensi kecelakaan di daerah Serpong Junction dengan meningkatkan faktor keselamatan (safety) bagi pengguna jalan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement