Jejak Ahmadi Noor Supit, Anggota BPK Baru Pilihan DPR

Ira Guslina Sufa
27 September 2022, 11:08
Anggota BPK Ahmadi Noor Supit
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ahmadi Noor Supit, Anggota V BPK pilihan DPR pengganti Harry Azhar Azis

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hari ini Selasa (27/9) mengesahkan politisi Golkar Ahmadi Noor Supit sebagai anggota Badan Pemeriksa Keuangan. Noor Supit terpilih setelah melewati uji kepatutan dan kelayakan di Komisi XI DPR bersama delapan calon lainnya.

Pengesahan Noor Supit sebagai anggota BPK dilakukan untuk mengisi kekosongan setelah mantan anggota BPK Harry Azhar Azis meninggal 18 Desember 2021 lalu. Harry Azhar saat itu menjabat sebagai Anggota V atau Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara V.

Advertisement

Sebelumnya proses seleksi calon pengganti Haris Azhar dilakukan pada Selasa (20/09) lalu. Namun sebagian kalangan menilai proses itu dianggap berlangsung diam-diam dan singkat. Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan senyapnya proses seleksi dikhawatirkan rentan menjadi ajang titipan nama parpol atau proses pemilihan yang transaksional. Meski begitu, DPR tetap melaksanakan proses uji. Noor Supit terpilih lewat proses aklamasi.

Wakil Ketua Komisi XI, Fathan dalam rapat paripurna mengatakan proses seleksi telah dilakukan dengan mengikuti mekanisme musyawarah mufakat. Mekanisme ini diatur dalam UU MKD dan peraturan dan tata tertib DPR. 

Berikut karir dan rekam jejak Noor Supit sebelum terpilih sebagai anggota BPK yang baru

1. Aktif Berorganisasi

Pria kelahiran Purwakarta, Jawa Barat pada 1 September 1957 ini telah aktif berorganisasi sejak muda. Pada usia 28 tahun ia sudah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kalimantan Selatan (1985-2000).

Noor Supit juga aktif di Sentral Organisasi Karyawan Swandiri Indonesia (SOKSI). Pada 2003-2006 ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DEPINDAR) XIV SOKSI Kalimantan Selatan dan berlanjut menjadi Ketua Depinas SOKSI untuk periode 2006-2011. Pada Musyawarah Nasional XI yang berlangsung Juli 2020 ia kemudian terpilih sebagai Ketua Umum.

2. Politisi Golkar

Di dunia politik, jejak Ahmadi Noor Supit tak lepas dari Partai Golkar. Namanya sudah tercatat menjadi salah satu politisi di Senayan sejak 1992. Ia terpilih sebagai Anggota DPR-RI beberapa periode dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement