Jejak Febri Diansyah, Pegiat Antirasuah yang Pasang Badan Bela Sambo

Ade Rosman
29 September 2022, 10:43
Febri Diansyah bela Ferdy Sambo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Mantan juru Bicara KPK Febri Diansyah berpose usai memberikan keterangan pers di gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Mantan juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah secara resmi dan terbuka menyatakan dirinya merapat ke kubu Ferdy Sambo. Ia berperan menjadi bagian dari tim Kuasa Hukum istri eks Kadiv Propam Polri, Putri Candrawathi yang merupakan tersangka pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atu Brigadir J.

Masuknya nama Febri bersama mantan penyidik KPK Rasamala Aritonang menuai kritik dari warganet. Mantan penyidik senior komisi antirasuah Novel Baswedan pun angkat bicara. Ia menyayangkan pilihan Febri.

“Sebagai teman saya kaget dan kecewa dengan sikap @febridiansyah dan @RasamalaArt yang mau menjadi kuasa hukum Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo,” ujar Novel seperti dikutip dari akun twitter @nazaqiastsha Kamis (29/09). Katadata.co.id sudah mendapat izin untuk mengutip cuitan itu.

 Febri menyadari keputusannya menjadi tim kuasa hukum tersangka kasus pembunuhan berencana akan mendapatkan tanggapan beragam.
“Saya paham, ada yang setuju ada yang tidak. Mungkin juga ada yang marah, kecewa atau bahkan mendukung,” cuit Febri, dalam akun Twitter pribadinya @febridiansyah, Rabu (28/9).

Lebih jauh, ia menyatakan keputusannya tersebut karena pilihan profesional, dan tidak ada dorongan dari siapapun. Ia mengatakan akan melakukan pendampingan hukum secara objektif serta berkeadilan bagi semua pihak.

“Kami melakukan pendampingan hukum secara objektif,” katanya, saat menggelar konferensi pers bersama tiga kuasa hukum Ferdy dan Putri lainnya, yakni Rasamala Aritonang yang juga merupakan eks pegawai KPK, Sarmauli Simangunsong, serta Arman Hanis, di Hotel Erian, Jakarta, Rabu (28/9) sore.

Lalu bagaimana rekam jejak Febri Diansyah yang kini membela tersangka pembunuhan berencana Ferdy Sambo?

Pegiat Anti Korupsi

Di dunia penegakan hukum Tanah Air, nama Febri Diansyah sudah tidak asing. Ia menjadi salah satu pegiat yang aktif dalam menyuarakan pemberantasan korupsi

Seusai lulus dari Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada pada 2007, Febri Diansyah memutuskan untuk bergabung dengan Indonesia Corruption Watch (ICW), sebuah organisasi non-pemerintah (NGO) yang mempunyai misi untuk melakukan pengawasan korupsi di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...