Nasdem Umumkan Capres Hari Ini, Anies Baswedan Siap Melenggang?

Partai Nasdem akan mengumumkan calon presiden yang diusung pada pilpres 2024.
Ade Rosman
3 Oktober 2022, 09:12
Nasdem Umumkan Capres Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Direktur Utama 'Jakarta Experience Board (JXB)' Novita Dewi (tengah) menggunting pita saat meresmikan Jakarta Street Experience (JSX) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Senin (26/9/2022). JSX merupakan instalasi interaktif yang menggabungkan unsur edukasi, informasi, seni, dan teknologi pintar yang diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki.

Partai Nasional Demokrat hari ini Senin (3/10) mengumumkan bakal calon presiden yang akan diusung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Pengumuman akan berlangsung di kantor pusat Nasdem Jakarta Pusat.

“Kami informasikan bahwa DPP Partai NasDem akan mengumumkan/mendeklarasikan Calon Presiden yang bakal diusung pada Pilpres 2024 mendatang,” ujar Kepala Media Center DPP NasDem Dadi Sumaatmadja.

Ihwal rencana deklarasi capres ini tertuang dalam surat resmi NasDem nomor 161-UND-DPP-NasDem/X/2022, tertanggal Minggu(2/10). Dalam surat itu, Ketua Umum DPP Nasdem menginstruksikan kehadiran pimpinan partai untuk kegiatan deklarasi. Surat undangan ditujukan kepada Majelis Tinggi, Mahkamah Partai, Dewan Pakar, Dewan Pertimbangan, serta Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem.

Meski nama calon presiden yang akan diusung belum diumumkan, namun sebelumnya partai pimpinan Surya Paloh itu telah memberi isyarat kuat akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres. Selain Anies, dua nama lain yang masuk dalam bursa capres Nasdem adalah Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Advertisement

 Selain menentukan capres, Nasdem juga mulai menunjukkan arah koalisi dua partai peserta pemilu 2019 lainnya yaitu Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat. Koalisi diperlukan agar bisa mengusung pasangan capres dan cawapres.

Undang-Undang Pemilu mengatur syarat pasangan calon presiden dan wakil presiden. Syarat tersebut ialah memenuhi perolehan kursi minimal 20% dari jumlah kursi DPR atau memiliki perolehan suara minimal 25% pada pemilu sebelumnya. Sementara, perolehan suara Nasdem hanya 9,05% pada Pemilu 2019. Adapun, kursi DPR yang diperoleh Nasdem hanya 10,26%.

Sebelumnya, Anies menyatakan siap maju mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2024 saat diwawancarai oleh media asing di Singapura pertengahan September lalu.

"Saya siap mencalonkan diri sebagai Presiden jika ada partai yang menominasikan saya," kata Anies kepada Reuters.

Anies mengatakan, sebagai orang yang tidak berafiliasi dengan partai politik manapun, ia memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan banyak pihak. Dalam hal ini, ia mengandalkan hasil survei yang menempatkannya sebagai salah satu kandidat terkuat.

Dalam pantauan Katadata.co.id, Anies sampai ke DPP Nasdem sekitar pukul 09.27. Anies datang mengenakan jas biru tua sembari mengacungkan jempol dan tersenyum pada awak media. Meski begitu, ia belum memberikan komentar apapun. 

Reporter: Ade Rosman
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait