Nasdem Umumkan Capres Hari Ini, Anies Baswedan Siap Melenggang?

Ade Rosman
3 Oktober 2022, 09:12
Nasdem Umumkan Capres Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Direktur Utama 'Jakarta Experience Board (JXB)' Novita Dewi (tengah) menggunting pita saat meresmikan Jakarta Street Experience (JSX) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Senin (26/9/2022). JSX merupakan instalasi interaktif yang menggabungkan unsur edukasi, informasi, seni, dan teknologi pintar yang diharapkan dapat mendorong minat masyarakat untuk mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki.

Partai Nasional Demokrat hari ini Senin (3/10) mengumumkan bakal calon presiden yang akan diusung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Pengumuman akan berlangsung di kantor pusat Nasdem Jakarta Pusat.

“Kami informasikan bahwa DPP Partai NasDem akan mengumumkan/mendeklarasikan Calon Presiden yang bakal diusung pada Pilpres 2024 mendatang,” ujar Kepala Media Center DPP NasDem Dadi Sumaatmadja.

Ihwal rencana deklarasi capres ini tertuang dalam surat resmi NasDem nomor 161-UND-DPP-NasDem/X/2022, tertanggal Minggu(2/10). Dalam surat itu, Ketua Umum DPP Nasdem menginstruksikan kehadiran pimpinan partai untuk kegiatan deklarasi. Surat undangan ditujukan kepada Majelis Tinggi, Mahkamah Partai, Dewan Pakar, Dewan Pertimbangan, serta Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem.

Meski nama calon presiden yang akan diusung belum diumumkan, namun sebelumnya partai pimpinan Surya Paloh itu telah memberi isyarat kuat akan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres. Selain Anies, dua nama lain yang masuk dalam bursa capres Nasdem adalah Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 Selain menentukan capres, Nasdem juga mulai menunjukkan arah koalisi dua partai peserta pemilu 2019 lainnya yaitu Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat. Koalisi diperlukan agar bisa mengusung pasangan capres dan cawapres.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...