Prakerja Gelombang 46 Dibuka, Ini Cara Daftar dan Syaratnya

Ira Guslina Sufa
5 Oktober 2022, 16:55
pendaftaran Prakerja Gelombang 46 Dibuka
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Presiden Joko Widodo berdialog dengan perwakilan alumni peserta kartu Prakerja pada acara Temu Raya #Kitaprakerja di Jawa Barat, Jumat (17/6/2022).

Pendaftaran prakerja gelombang 46 resmi dibuka. Pengumuman resmi sebagai tanda dimulainya pendaftaran prakerja gelombang 46 ini disampaikan akun Instagram resmi Prakerja @prakerja.go.id.

“Yes, gelombang Kartu prakerja masih ada nih. Buat Kamu yang belum daftar segera daftar,” tulis akun tersebut seperti dikutip Rabu (5/10) 2022.

Berdasarkan akun tersebut, masyarakat yang tertarik bisa langsung mendaftar di laman resmi www.prakerja.go.id agar bisa mendapatkan manfaatnya. Setelah bergabung, para pendaftar bisa memilih berbagai program pelatihan yang tersedia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
A post shared by Kartu Prakerja (@prakerja.go.id)

Sejak awal dikenalkan pada April 2020, Program Kartu Prakerja ditujukan untuk pengembangan kompetensi kerja. Program ini menyasar para pencari kerja, pekerja dan buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta untuk pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Dengan kata lain program ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan.

Untuk prakerja gelombang 46 kali ini, cara daftar untuk masyarakat yang ingin bergabung masih sama. Untuk yang baru membuka bisa membuat akun dan melengkapi data diri. Sedangkan untuk masyarakat yang sudah memiliki akun tinggal masuk ke laman prakerja dan memilih tanda daftar untuk prakerja gelombang 46.

Cara Daftar Prakerja Gelombang 46

Bagi masyarakat yang baru bergabung, berikut cara mendaftar untuk mendapatkan prakerja gelombang 46

  • Buka situs www.prakerja.go.id.
  • Pilih menu "Daftar Sekarang".
  • Setelah itu pengguna akan diarahkan untuk mengisi data diri berupa nama lengkap, alamat email. Jangan lupa untuk membuat kata sandi yang mudah diingat.
  • Selanjutnya periksa notifikasi email untuk melakukan verifikasi akun. Saat pendaftaran dinyatakan berhasil akan muncul keterangan bahwa email sudah berhasil terverifikasi.
  • Saat akun sudah terverifikasi di platform Kartu Prakerja, selanjutnya pada dashboard Kartu Prakerja akan muncul verifikasi.
  • Saatnya melakukan verifikasi dengan mengisi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Jangan lupa untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan benar dan sesuai dengan dokumen kependudukan.
  • Setelah semua data lengkap, selanjutnya akan masuk ke tahap verifikasi. Pilih kirim OTP ke nomor ponsel. Setelah mendapat OTP masukkan dan tekan tombol verifikasi.
  • Setelah pendaftaran berhasil selanjutnya pengguna bisa mengikuti tes motivasi dan tes kemampuan dasar diikuti dengan persetujuan untuk mengikuti gelombang prakerja yang tersedia.

Syarat Pendaftaran Prakerja Gelombang 46

Saat akan mendaftar prakerja gelombang 46 tidak ada salahnya untuk memastikan lagi persyaratan yang dibutuhkan telah terpenuhi. Berikut syarat pendaftaran Prakerja Gelombang 46.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Sedang mencari kerja, pekerja dan buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, serta untuk pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
  • Berlaku untuk pekerja bukan penerima upah, pelaku usaha mikro dan kecil.
    5. Tidak menerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
    6. Tidak berkedudukan sebagai pejabat negara, pimpinan, dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...