Dukung Anies, Demokrat Yakin Koalisi dengan PKS-Nasdem Makin Solid

Ade Rosman
11 Oktober 2022, 18:10
Anies bertemu AHY
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nym.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berjalan bersama calon presiden dari Partai Nasdem Anies Baswedan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) optimistis hubungan dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat makin solid. Terlebih sejak Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pilpres 2024 mendatang. 

“Ikhtiar untuk hadirkan koalisi perubahan terus kami lakukan dan tentunya komunikasi partai Demokrat, Nasdem dan juga PKS semakin intensif. Seringkali tidak tampak di media tentunya,” di Gor Ciracas, Jakarta, Selasa (11/10).

Menurut AHY, saat ini hal terpenting yang dilakukan partai adalah mempersiapkan konsolidasi internal.  Hal itu lantaran soliditas partai akan menentukan penerimaan publik. Partai perlu menjaga agar tetap berada pada semangat yang sama. 

“Karena kalau tidak, koalisi juga bisa cepat bubar, kira-kira begitu," katanya.

Sementara ketika disinggung perihal kapan pendeklarasian koalisi, AHY berkilah belum bisa memberi kepastian. Hal itu lantaran waktu pendaftaran calon presiden secara resmi ke Komisi Pemilihan Umum masih lama. Berdasarkan tahapan pemilu, masa pendaftaran capres peserta pilpres 2024 berlangsung pada Oktober 2023. 

Menurut AHY, ihwal deklarasi koalisi juga tidak bisa dilakukan terburu-buru. Setiap partai perlu mempertimbangkan berbagai hal baik terkait internal maupun eksternal partai. 

“Kami tidak bisa menentukan kapannya secara pasti memang, karena seringkali sesuatu atau suatu momentum itu hadir tanpa disangka-sangka, tanpa dipersiapkan," ujar AHY. 

Saat ditanya soal kesiapan mendampingi Anies Baswedan sebagai cawapres, AHY berkilah belum memikirkan hal itu. Menurut AHY, meski dekat dengan Gubernur DKI Jakarta itu namun dia masih akan situasi politik yang berkembang. "Tunggu saja tanggal mainnya ya," katanya singkat. 

Pada Senin (3/10) Partai Nasional Demokrat telah mengumumkan deklarasi Anies Baswedan sebagai capres. Ketua Umum Nasdem Surya Paloh menyerahkan penentuan cawapres pada Anies. AHY disebut-sebut sebagai kandidat cawapres terkuat. Meski begitu, hingga kini Anies belum mengumumkan siapa sosok yang akan menjadi pendampingnya. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...