Elon Musk Umumkan Lanjut Danai Starlink di Ukraina

Ira Guslina Sufa
16 Oktober 2022, 11:49
Elon Musk
Steve Jurvetson
Elon Musk

Orang terkaya di dunia berdasarkan indeks Forbes Real Time Elon Musk mengumumkan tetap melanjutkan pendanaan Starlink di Ukraina. Starlink adalah konstelasi satelit internet yang berguna menyediakan sistem komunikasi.   

“Persetan dengan itu. Meskipun Starlink masih kehilangan uang dan perusahaan lain mendapatkan miliaran pembayar pajak, kami hanya akan terus mendanai pemerintah Ukraina secara gratis,” ujar pendiri SpaceX itu seperti dikutip dari akun twitter miliknya @elonmusk. 

Advertisement

Dalam utasan selanjutnya, saat membalas komentar warganet, Elon mengatakan bahwa keputusan untuk melanjutkan pendanaan Starlink bisa saja memunculkan berbagai pendapat.

“Meski begitu, kami tetap harus melakukan perbuatan baik,” kata pendiri perusahaan mobil raksasa Tesla itu. 

Sebelumnya, seperti dikutip dari Aljazeera Musk sempat mengatakan di Twitter bahwa SpaceX tidak akan dapat membayar Starlink di Ukraina tanpa batas waktu. Dan militer AS mengkonfirmasi bahwa mereka sedang berkomunikasi dengan perusahaan miliarder tentang pendanaan untuk jaringan kritis.

Diskusi itu terjadi ketika Musk terlibat dalam pertengkaran publik dengan para pemimpin Ukraina yang marah dengan proposal kontroversialnya untuk meredakan konflik. Ukraina telah lama menyatakan tidak akan pernah setuju untuk melepaskan tanah yang dinilai diambil secara paksa. Sedangkan Musk menyarankan agar Ukraina menyerahkan secara permanen wilayah Krimea ke Rusia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement