Hari Pangan Sedunia, Jokowi Ingatkan Ancaman Kerawanan Akut

Ira Guslina Sufa
16 Oktober 2022, 12:43
Hari pangan sedunia Jokowi
ANTARA FOTO/Jojon
Pegawai Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara menunjukkan varietas padi lokal organik di pameran Hari Pangan Sedunia di Eks MTQ Square, Kendari, Sulawesi Tenggara, Minggu (3/11/2019).

Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat Indonesia untuk terus memberi perhatian pada pentingnya ketahanan pangan. Hal itu mengingat berbagai situasi global yang berdampak para krisis ekonomi, energi dan pangan bagi seluruh dunia. 

“Ada berbagai prediksi tentang situasi global ke depan yang sama bahwa banyak negara di dunia yang rakyatnya terancam menghadapi kerawanan pangan akut,” ujar Jokowi lewat akun instagram @Jokowi seperti dikutip Minggu (16/10). 

Pesan ketahanan ini disampaikan Jokowi dalam memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada hari ini. Menurut Jokowi, situasi pangan global saat ini masih dipengaruhi oleh dampak hampir tiga tahun pandemi serta terjadinya konflik dan perang di Ukraina. 

“Mau tidak mau, kita pun harus menghadapinya dengan meningkatkan ketahanan pangan,” kata Jokowi lagi. 

 Jokowi menyatakan selama ini pemerintah Indonesia telah bersiap untuk menghadapi krisis dan terus melakukan berbagai langkah mewujudkan ketahanan pangan. Di antaranya dengan membangun infrastruktur di bidang pertanian seperti membanguni bendungan, embung, hingga jaringan irigasi yang mendukung produksi pertanian nasional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...