BPS Umumkan Neraca Dagang Hari Ini, Analis Prediksi Perlambatan

Abdul Azis Said
17 Oktober 2022, 08:03
BPS rilis neraca dagang
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Suasana aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (15/4/2021).

Badan Pusat Statisik (BPS) hari ini, Senin (17/10), akan merilis neraca dagang September 2022. Menurut Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual kinerja neraca perdagangan  bulan September tidak akan setinggi bulan sebelumnya. 

Penurunan harga komoditas, kata David, akan mempengaruhi kinerja ekspor bulan lalu, sementara impor diramal masih meningkat seiring pemulihan ekonomi domestik. Surplus neraca dagang diprediksi US$ 4,83 miliar. Ekspor diperkirakan hanya tumbuh 13,5% secara tahunan dan impor 22,8%.

"Ekspor agak lambat karena harga komoditas mineral dan CPO melandai sejak Juni. Namun pertumbuhannya masih sama dipicu harga komoditas, termasuk perikanan dan otomotif," kata David dalam keterangannya, Minggu (17/10).

Pada Agustus, neraca perdagangan mencatatkan surplus jumbo mencapai US$ 5,76 miliar. Nilai ini bersumber dari kinerja ekspor yang tumbuh 30,15% secara tahunan dan impor bertambah 32,81%.

Dari sisi impor, pertumbuhan neraca masih didorong oleh pemulihan ekonomi. Selain itu terjadi peningkatan permintaan barang dari dalam negeri khususnya untuk barang tahan lama alias durable goods. Adapun depresiasi nilai tukar rupiah diperkirakan tak berpengaruh banyak terhadap impor bulan lalu.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...