Sopir Ferdy Sambo Siapkan Pisau Muluskan Pembunuhan Brigadir J

Ade Rosman
18 Oktober 2022, 12:03
Sopir Ferdy Sambo Kuat Ma'ruf
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso (tengah) didampingi anggota Morgan Simanjutak (kiri) dan Alimin Ribut Sujono memimpin jalannya sidang dakwaan untuk terdakwa Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat serta Òobstruction of justiceÓ atau menghalangi proses hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (17/10/2022).

Asisten rumah tangga (ART) merangkap supir keluarga Ferdy Sambo, Kuat Ma'ruf, disebut berinisiatif menyiapkan senjata pisau dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Hal tersebut disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan kasus tersebut, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (18/10).

"Dengan inisiatif dan kehendaknya sendiri membawa pisau di dalam tas selempangnya yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan apabila korban Nofriansyah Yosua Hutabarat melakukan perlawanan," kata Jaksa dalam dakwaannya. .

Dari dakwaan yang dibacakan jaksa, saat hari eksekusi Brigadir J, pada sekitar pukul 17.12 WIB Kuat bertugas memanggil Ricky dan Yosua untuk masuk ke dalam rumah. Mereka diminta menemui Ferdy Sambo yang sudah Bersiap dengan Richard.

Atas campur tangannya tersebut, bersama dengan dua tersangka lainnya yaitu Ricky dan Richard, mereka diberi sejumlah uang oleh Sambo ketika di rumah Saguling, pada (10/7). Dalam dakwaan Ferdy Sambo disebutkan Kuat memperoleh uang dolar setara Rp 500 juta yang disimpan di amplop putih. 

Selain itu, mereka juga diberi ponsel Iphone 13 Pro Max, untuk mengganti ponsel sebelumnya yang telah dirusak sebagai langkah menghilangkan barang bukti. Dari dakwaan yang dibacakan jaksa, semua transaksi tersebut disaksikan langsung oleh Putri. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...