Anies Sebut 3 Kriteria Cawapres, Pengamat: Akan Diputuskan Tahun Depan

Ira Guslina Sufa
18 Oktober 2022, 13:49
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/wpa/nym.
Anies Baswedan berswafoto dengan warga saat bersepeda pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (16/10/2022).

Calon Presiden dari Partai Nasional Demokrat Anies Baswedan mengungkap tiga sosok calon wakil presiden yang akan mendampinginya bila jadi bertarung dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Meski begitu ia belum menyebut siapa tokoh yang akan dipilih. 

“Saya rasa akan lebih bijak bila penentuan cawapres dilakukan dengan seksama dan tidak dalam tempo yang sesingkat-singkatnya,” ujar Anies usai menghadiri acara Nasdem di Jakarta, Senin (17/10) malam. 

Menurut Anies, ia masih memiliki waktu yang panjang untuk menentukan sosok pendamping. Meski telah diamanatkan oleh Partai Nasdem untuk memilih cawapres, Anies masih akan melihat dinamika politik yang terjadi. Apalagi, hingga saat ini Nasdem masih dalam proses membangun koalisi dengan partai peserta pemilu lainnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, saat ini ia baru sampai pada tahap menentukan kriteria sosok yang akan menjadi cawapres. Kriteria pertama adalah memberikan kontribusi dalam proses kemenangan. Selanjutnya bisa membantu memperkuat stabilitas koalisi. 

Sedangkan kriteria ketiga adalah bisa membantu dalam pemerintahan yang efektif. Anies membantah pertemuan politik yang ia lakukan dengan sejumlah tokoh beberapa waktu terakhir sudah mengarah pada penentuan cawapres.  

“Waktunya masih panjang, jadi saya tidak terburu-buru menentukan,” ujar Anies. 

Sebelumnya Anies telah bertemu dengan sejumlah tokoh seperti Panglima TNI Andika Perkasa dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Sejumlah survei menyebut AHY dan Andika merupakan calon wakil presiden yang bisa menjadi pendamping Anies di Pilpres. 

Pada minggu (16/10) malam, Anies bahkan sudah duduk satu meja dengan AHY dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. Pertemuan di acara pernikahan anak Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri itu juga dihadiri oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan politisi senior Golkar Jusuf Kalla. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...