Survei Populi: Ridwan Kamil Calon Terkuat Gubernur DKI Jakarta

Ade Rosman
20 Oktober 2022, 17:04
Ridwan Kamil
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/rwa.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas pawai skuter usai upacara pengibaran bendera Merah Putih peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/8/2022).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi calon gubernur DKI Jakarta terkuat menurut survei yang baru dirilis oleh lembaga riset Populi Center. Berdasarkan survei yang digelar pada 9-16 Oktober 2022 dengan metode acak bertingkat elektabilitas Ridwan Kamil meraih 69,7 persen suara. 

"Berkaitan dengan masa depan kepemimpinan DKI Jakarta, dari 24 tokoh yang ditanyakan secara terpisah [kepada responden], nama Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta tahun 2024," kata Peneliti Populi Center, Dimas Ramadhan, dalam keterangannya, Kamis (20/10).

Populi Center merupakan  lembaga nirlaba untuk pengkajian opini dan kebijakan publik yang berdiri sejak 6 Juni 2012. Sejumlah nama berada di jajaran Advisor seperti Prasetyantoko dan mantan Ketua KPU Ramlan Surbakti. Untuk survei kali ini, Populi menggunakan 600 responden dengan pembiayaan menggunakan dana internal. 

Lebih jauh mengenai hasil survei, Dimas mengatakan dukungan terhadap Ridwan Kamil jauh meningkat bila dibanding survei terakhir yang dilakukan Populi pada Februari 2022. Saat itu, Ridwan Kamil baru meraih elektabilitas 65,7 persen.  

Calon terdekat yang bisa menyalip elektabilitas Ridwan Kamil adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 67,7 persen. Pada survei Februari 2022 mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu mengantongi elektabilitas 77,5 berada jauh di atas Ridwan Kamil. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...