Whatsapp Down, Netizen Serbu Twitter hingga Pamer Meme

Ira Guslina Sufa
25 Oktober 2022, 15:34
Whatsapp Web
pixabay.com/LoboStudioHamburg
Cara Mengatasi Whatsapp Web yang Tidak Bisa Dibuka

Pengguna Whatsapp menyerbu media sosial Twitter usai aplikasi whatsapp mengalami eror sejak Selasa siang (25/10). Kata Whatsapp langsung menjadi trending pertama twitter. 

Hingga berita ini diturunkankan, pada pukul 15.30 WIB sebanyak 730 ribu cuitan telah memperbincangkan gangguan pada layanan whatsapp. Mayoritas mengeluh tidak bisa berkomunikasi dengan kolega dan teman. Sebagian netizen lainnya menyebut twitter sebagai ajang pelarian yang paling pas saat aplikasi whatsapp error. 

Akun milik Riska Mayasari @riskaa_24001 menulis keluhannya soal gangguan whatsapp. Awalnya ia mengira gangguan hanya dialami oleh dirinya saja. "Kirain sinyal di daerah yang emang suka eror Ampe mati idupin data ternyata oh ternyata WhatsApp yang eror," ujar Riska. 

Tak hanya dari Indonesia, akun dari mancanegara seperti dubai, dan malaysia juga melaporkan kejadian yang sama. 

Selain banjir dengan keluhan, jagad twitter juga ramai dengan berbagai meme menggambarkan ekspresi saat aplikasi whatsapp eror. Selain itu juga bermunculan cuitan receh khas twitter. 

Berdasarkan data Downdetector, gangguan terjadi di Jakarta dan sebagian wilayah di pulau Jawa, serta Singapura. Berdasarkan data Downdetector, pengguna WhatsApp mengeluhkan eror pada aplikasi, koneksi server, dan situs web.

Pada Oktober tahun lalu, WhatsApp eror di seluruh dunia. Begitu juga dengan Facebook dan Instagram. Saat itu, penyebab gangguan diduga sistem nama domain alias Domain Name System (DNS) yang bermasalah. 

Uji coba BleepingComputer menunjukkan server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons. Artinya, konfigurasi DNS atau server ketiga aplikasi mengalami masalah.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...