KPU Mau Beli Kendaraan Maung Pindad MV2 4x4, Untuk Apa?

Ade Rosman
26 Oktober 2022, 14:47
KPU mau beli Maung Pindad
Instagram/@prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mencoba kendaraan taktis (rantis) buatan PT Pindad (Persero), bernama Maung 4x4, di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/7).

Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bernard Dermawan mengungkapkan pihaknya berencana untuk menambah kendaraan logistik untuk mensukseskan pesta demokrasi pada pemilu dan pilpres 2024 mendatang. Rencana tersebut berdasarkan hasil evaluasi pemilu 2019 dan pilkada 2020 lalu.

Bernard mengatakan kendaraan logistik yang akan dibeli adalah Maung Pindad MV 4x4. Kendaraan ini akan digunakan untuk membantu distribusi logistik pemilu. 

"Rencananya memang untuk daerah-daerah yang susah terjangkau, untuk distribusi logistik, tapi tidak semua daerah, tergantung kondisi daerahnya,” ujar Bernard kepada Katadata. 

Menurut Bernard rencana pembelian Maung MV 4x4 kini tengah dikaji lebih lanjut. Pemilihan Maung MV2 4x4 karena merupakan produksi dalam negeri yang Tingkat Komponen Dalam Negeri-nya (TKDN) mencapai 80 persen.

Meski memesan Maung Pindad MV 4x4, ia mengatakan kendaraan itu nantinya tidak akan digunakan sebagai kendaraan perintis (rantis). KPU akan memfungsikan untuk kendaraan logistik untuk menjangkau daerah yang sulit dijangkau. Ia mencontohkan, pada pemilu 2019 distribusi logistik di sejumlah daerah terganggu karena susahnya medan yang dihadapi. 

"Bisa dilihat di YouTube itu gimana 2019 misalnya di Lampung, itu pakai gerobak sapi,” ujar Bernard.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...