Cerita Susahnya Mengurus Visa Acara di Bali Hingga Bayar Puluhan Juta

Ira Guslina Sufa
31 Oktober 2022, 16:49
Visa
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Petugas Imigrasi bertugas di konter khusus untuk delegasi pertemuan KTT G20 di Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Senin (24/10/2022).

Menjelang puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 pertengahan November 2022 mendatang, berbagai kegiatan digelar di Bali. Ada yang merupakan rangkaian KTT, dan ada pula yang tak terkait dengan KTT. Namun, di balik riuh dan sibuknya Bali, ada cerita tak biasa yang dialami para panitia pelaksana acara. 

Salah satu cerita datang dari Tetty Aristya, seorang panitia pelaksana kegiatan pertemuan tahunan anggota lembaga internasional yang berlangsung di Bali pekan ini. Menurut Tetty, ia mengalami hal tak mengenakkan saat membantu mengurus visa para anggota delegasi pertemuan tahunan yang akan datang ke Bali. 

Advertisement

Tetty bercerita, sebagai EO yang ditunjuk oleh lembaga donor asing, pada detik terakhir menjelang kegiatan ia diminta membantu proses pembuatan visa untuk peserta yang tidak bisa menggunakan fasilitas visa on arrival. Proses itu menjadi lebih sulit lantaran waktu yang mepet. 

“Dengan keterbatasan dana, kami akhirnya sepakat menggunakan jasa agen. Hal ini mengingat tenggat waktu yang cukup pendek sehingga tidak mungkin untuk dilakukan upload data ke system persetujuan visa secara online,” ujar Tetty pada Katadata, Senin (31/10). 

Kepada Tetty, pihak agen bercerita bisa membantu pengurusan visa. Sebagai ganjarannya, ia harus membayar biaya percepatan proses yang cukup tinggi tergantung dari asal negara. Biaya pengurusan visa bervariasi dari Rp3.2 juta sampai dengan Rp15 juta. 

Besarnya biaya yang harus dikeluarkan menurut Tetty membuat banyak peserta dari negara asing shock. Akan tetapi, akhirnya mereka memilih bersedia membayar mengingat manfaat kegiatan yang akan diterima. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement