6 Hal tentang Anak Keempat Ferdy Sambo yang Terungkap di Sidang

Ira Guslina Sufa
2 November 2022, 09:30
Ferdy Sambo
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, Putri Candrawathi mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Sidang lanjutan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J mengungkap sejumlah fakta baru. Salah satunya adalah mengenai status anak keempat Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. 

Sebelum bergulirnya sidang, keberadaan anak keempat ini sempat menjadi alasan bagi Putri untuk tidak ditahan oleh Markas Besar Kepolisian. Keistimewaan yang diterima Putri itu sempat menuai kritik lantaran pada banyak kasus lainnya, ada banyak ibu dengan bayi yang tetap ditahan karena tersangkut kasus hukum. Bahkan tak sedikit bayi yang harus tinggal di tahanan karena masih mendapat ASI eksklusif dari Ibu. 

Pada sidang untuk terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E Senin (31/10) status anak keempat ini terungkap lewat keterangan saksi. Fakta itu terungkap setelah Hakim Wahyu Iman Santoso mencecar saksi tentang kehamilan Putri. 

Susi ART Ferdy Sambo Sebut Putri yang Melahirkan 

Ihwal anak keempat Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi ini mulanya terungkap saat haim memberi pertanyaan pada Susi, asisten rumah tangga Ferdy Sambo yang dihadirkan sebagai saksi. 

Saat itu hakim wahyu bertanya pada Susi siapa yang melahirkan anak keempat putri. Pada kesaksian pertama Susi mengatakan bahwa anak itu merupakan anak Ferdy Sambo dan Putri. Namun saat ditanya apakah anak itu dilahirkan oleh Putri, Susi bingung dan beberapa kali meralat pernyataannya.

"Siapa yang melahirkan? saudara jangan bohong, banyak bohong saudara!" kata Hakim Wahyu di persidangan. 

Setelah sempat terdiam, Susi pun menjawab Putri Candrawathi adalah ibu dari anak tersebut. Mendengar jawaban itu, hakim selanjutnya menanyakan hal yang sama dengan intonasi lebih tegas. 

"Siapa yang melahirkan Arka?" ucap Hakim.

"Ibu Putri," jawab Susi kembali.

Susi Tak Tahu Putri Melahirkan di Mana

Tidak puas dengan jawaban yang diberikan, hakim kemudian bertanya lagi pada Susi. Kali ini hakim menanyakan pengetahuan Susi soal tempat lahir anak keempat Ferdy Sambo itu. Namun jawaban yang diberikan Susi justru membuat hakim geleng-geleng. 

"Kapan dia (anak Ferdy Sambo) lahir?" ujar Hakim. 

Susi menjawab dengan enteng pertanyaan tersebut. 

"Bulan ketiga (Maret) 2021 tanggal 23," ucap Susi. 

Meski begitu saat ditanya hakim mengenai tempat lahir anak keempat itu, Susi mengaku tidak tahu. Hal itu membuat hakim ragu atas pernyataan yang disampaikan Susi. 

"Saudara tau tanggal lahirnya, tapi tidak tau lahirnya di mana. Makin terjebak saudara dengan kebohongan saudara," ujar Hakim Wahyu.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...