Jaksa Tunjukkan Barang Bukti Senjata, Ferdy Sambo Minta Lihatkan CCTV

Ade Rosman
22 November 2022, 16:55
Ferdy Sambo
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Hakim menunjukkan barang bukti senjata HS dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menunjukkan beberapa barang bukti berupa senjata api saat sidang lanjutan pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi. Sidang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/11).

JPU menunjukkan tiga senjata yaitu Steyr AUG, Glock 17, dan senjata berjenis HS. Barang bukti itu diperlihatkan kepada empat ajudan Ferdy Sambo yang dihadirkan dalam sidang tersebut, yaitu Adzan Romer, Prayogi Iktara Wikaton, Daden Miftahul Haq, serta Farhan Sabilillah.

Saat persidangan, JPU menunjukkan pada Adzan Romer untuk mengonfirmasi jenis senjata yang dijatuhkan Ferdy Sambo ketika menuju ke Rumah Dinas Duren Tiga (8/7) lalu. Dalam persidangan sebelumnya, Romer mengaku sempat melihat senjata Ferdy Sambo terjatuh di hari kematian Brigadir J. 

Hakim kemudian bertanya pada Romer, apakah senjata tersebut yang jatuh pada saat itu atau bukan.

"Apakah HS ini yang saudara lihat jatuh dari mobil pada waktu terdakwa turun di rumah jalan Duren Tiga?," tanya hakim.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Romer mengaku tidak dapat memastikan secara pasti apakah senjata tersebut merupakan senjata yang sama dengan yang dijatuhkan. Namun, ia dapat memastikan bahwa jenisnya sama.

"Saya tidak tahu persis senjata HS yang itu atau bukan, tapi saya tahu persis itu senjata HS Yang Mulia," kata Romer.

 Selanjutnya, hakim memerintahkan Romer untuk kembali mengamati senjata yang ditunjukkan tersebut. Hakim ingin mendapat kepastian dari Romer mengenai jenis dari senjata yang ia lihat. 

"Iya Yang Mulia," kata Romer.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...