DPR Pilih Panglima TNI Pekan Depan, Siapa Pengganti Andika Perkasa?

Ade Rosman
23 November 2022, 15:53
DPR pilih Panglima TNI
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kanan) berbincang dengan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Presiden Joko Widodo hari ini Rabu (23/11) bakal mengirimkan Surat Presiden (Surpres) mengenai pergantian Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pengiriman surpres mempertimbangkan reses DPR yang akan dimulai dalam waktu dekat. 

Menurut Pratikno setelah nama diberikan, selanjutnya DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan untuk menetapkan pengisi jabatan Panglima TNI. Meski begitu, ia tak mau menyampaikan siapa saja nama calon panglima yang dikirimkan ke DPR. 

"Nanti kalau sudah diterima DPR, nanti dari DPR-lah yang menyampaikan," ujar Pratikno seperti dikutip dari Antara.

Panglima TNI saat ini, yakni Jenderal TNI Andika Perkasa, akan memasuki usia pensiun pada akhir Desember 2022. Andika dilantik Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI pada tanggal 17 November 2021 sesuai Surat Keputusan Presiden Nomor 106/TNI 2021. Andika saat itu menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid membenarkan bahwa Surpres dari istana berisi nama calon Panglima TNI akan diterima pada Rabu sore. Rencana itu sudah terkonfirmasi dari Istana. 

"Sudah berkomunikasi dengan pemerintah. Kemungkinan sore ini masuk. Kami tunggu saja," kata Meutya dalam keterangan resmi. 

Menurut Meutya, nama calon Panglima TNI yang dikirim Jokowi bisa saja berasal dari ketiga matra TNI. Ia menyebut sudah mengenal para kepala staf yang saat ini menjabat. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...