Istana Tunda Kirim Surpres Calon Panglima TNI ke DPR, Ada Apa?

Ade Rosman
25 November 2022, 16:19
Panglima TNI
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (ketiga kiri) didampingi KASAL Laksamana TNI Yudo Margono (kedua kiri) dan KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kiri) berbincang dengan anggota DPR dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Pihak istana menunda pengiriman Surat Presiden (Surpres) berisi nama calon Panglima TNI yang bakal menggantikan Andika Perkasa. Sesuai rencana Surpres itu seharusnya sudah dikirim ke Dewan Perwakilan Rakyat pada Rabu (23/11) lalu. 

Advertisement

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan penundaan pengiriman Surpres sudah dikoordinasikan oleh istana. Penundaan akan dilakukan menyesuaikan agenda ketua DPR Puan Maharani. 

"Jadi penyerahan surpres Panglima TNI itu akan diserahkan oleh Mensesneg kepada Ibu Puan itu tanggal 28 November," kata Indra seperti dikutip dari situs resmi DPR, Jumat (25/11). 

Menurut Indra, penundaan pengiriman Surpres calon Panglima TNI karena menunggu kepulangan Puan ke Tanah Air. Saat ini politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu tengah memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen ASEAN, 43th General Assembly of ASEAN Inter Parliamentary (AIPA) di Kamboja.

"Ya kesepakatan antara Ibu Ketua DPR dengan Pak Mensesneg itu,” ujar Indra lagi. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement