Hasil Laga Pekan Pertama Piala Dunia 2022, Klasemen Grup dan Top Skor

Pertandingan ketiga penyisihan grup Piala Dunia 2022 akan menjadi penentu nasib bagi tim besar Argentina dan Jerman
Ira Guslina Sufa
28 November 2022, 07:14
Piala Dunia 2022
AP Photo/Ricardo Mazalan
Kiper Argentina Emiliano Martinez melihat bola ke gawang setelah Salem Al-Dawsari dari Arab Saudi mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola grup C Piala Dunia antara Argentina dan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Selasa, 22 November 2022.

Pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar kini memasuki pekan kedua. Pada pekan pertama sejumlah kejutan terjadi. Beberapa grup telah memastikan diri lolos ke putaran 16 besar. Sedangkan grup lain harus berjuang mati-matian untuk merebut poin pada pertandingan laga ketiga sekaligus penentuan juara grup yang berlangsung pekan ini. 

Juara dunia Piala Dunia 2018 Prancis berhasil mengamankan posisi melaju ke putaran selanjutnya setelah menang mutlak di dua pertandingan pertama melawan Australia dan Denmark. Pada pertandingan terakhir di Grup D, Prancis akan bertemu dengan Tunisia. 

Perlawanan terjadi di grup A pada pertandingan terakhir penyisihan grup pekan ini. Belanda dan Ekuador berada di posisi pertama dan kedua dengan mengantongi 4 poin. Di posisi ketiga ada Senegal yang mengantongi 3 poin. 

Belanda harus menang mutlak dengan Qatar pada pertandingan Grup A pada Selasa (29/11) nanti untuk memastikan tiket ke babak 16 besar. Sedangkan Ekuador dan Senegal harus bertanding hidup mati di pertandingan penutup Selasa (29/11).

Di Grup B, Inggris sudah bisa bernafas lega meski keajaiban bisa saja terjadi di pertandingan terakhir pada Rabu (30/11) nanti. Saat ini Inggris sudah mengantongi 4 poin dan menjadi juara grup disusul Iran dengan 3 poin. Sedangkan Amerika Serikat baru meraih 2 poin dan Wales mengantongi 1 poin.  

Pertandingan Grup C pada pekan ini masih akan sangat menentukan. Polandia di urutan pertama baru meraih poin 4 disusul ketat Argentina dan Arab Saudi yang masing-masing mengantongi 3 poin. Pertandingan ketiga menjadi penentu bagi Argentina untuk mempertahankan supremasi sebagai raksasa piala dunia. 

Pada pertandingan terakhir, Argentina akan berhadapan dengan Polandia. Sedangkan bagi Arab Saudi kemenangan di laga ketiga melawan melawan Meksiko yang berada di posisi keempat dengan 1 poin akan menentukan langkah ke 16 besar. 

Pada pertandingan Sabtu (27/11) malam, Prancis sukses menundukkan Denmark dengan skor akhir 2-1. Dua gol Prancis dicetak oleh Kylian Mbappe sedangkan Denmark membalas dengan gol Andres Christensen.

Dengan kemenangan ini, Prancis mengumpulkan 6 poin setelah sebelumnya juga memenangkan pertandingan melawan Australia.  Enam poin yang dikumpulkan Perancis membuat Les Bleus memimpin klasemen grup D. Pesaing terdekatnya, Australia, baru mengumpulkan 3 poin sedangkan Denmark dan Tunisia masing-masing baru memiliki 1 poin. 

Pada pertandingan kemarin, Minggu (27/11) Jepang menjalani pertandingan yag alot dengan Kosta Rika. Jepang mengejar tiga poin penuh untuk memastikan posisi melaju ke 16 besar setelah menaklukkan Jerman pada laga perdana. Namun, Kosta Rika berhasil menang 1-0 sehingga merebut tiga poin. Dengan hasil ini Kosta Rika berada di Posisi ketiga dengan 3 poin di bawah Jepang dengan selisih gol. 

Pada laga lain, Belgia melawan Maroko dengan skor mengejutkan kalah 0;2 dari Maroko. Hasil ini membuat tim Maroko berada di urutan kedua dengan skor 4 bersama dengan Kroasia yang juga mengantongi 4 poin. 

Kroasia mengantongi kemenangan besar saat melawan Kanada dengan skor akhir 4:1. Hal ini membuat Kroasi kokoh di puncak klasemen. Sedangkan Belgia di posisi ketiga dengan mengantongi 3 poin. Kanada dipastikan pulang dan mencari juara buncit grup F. 

Klasemen Sementara Fase Grup Piala DUnia 2022

Grup A

Belanda : 4 poin, 

Ekuador : 4 poin

Senegal : 3 poin

Qatar : 0 poin

 

Grup B 

Inggris : 4 poin

Iran : 3 poin 

Amerika Serikat : 2 poin

Wales : 1 poin 

 

Grup C

Polandia: 4 poin

Argentina : 3 poin

Arab Saudi : 3 poin

Meksiko : 1 poin 

 

Grup D

Prancis : 6 Poin

Australia : 3 poin

Denmark : 1 poin

Tunisia : 1 poin 

 

Grup E 

Spanyol : 4 poin

Jepang : 3 poin

Kosta Rika: 3 poin

Jerman : 1 poin

 

Grup F 

Kroasia: 4 poin

Maroko : 4 poin

Belgia : 3 poin

Kanada : 0 poin 


Grup G 

 Brasil : 3 poin

Swiss: 3 poin

Kamerun: 0 poin

Serbia : 0 poin

 

Grup H 

Portugal : 3 poin

Uruguay: 1 poin

Korea Selatan : 1 poin

Ghana: 0 poin 

 Top Skor Piala Dunia 2022

Hingga pertandingan hari ketujuh, posisi top skor dipegang oleh pemain ekuador Enner Valencia dengan 3 gol bersama dengan pemain Prancis Kylian Mbappe. Sedangkan dua gol dikantongi oleh 8 pemain. 

Berikut daftar lengkap top skor Piala Dunia 2022

3 Gol:

  • Enner Valencia (Ekuador)
  • Kylian Mbappe (Prancis).

2 Gol

  • Bukayo Saka (Inggris)
  • Mehdi Taremi (Iran)
  • Olivier Giroud (Prancis)
  • Ferran Torres (Spanyol)
  • Richarlison (Brasil)
  • Cody Gakpo (Belanda)
  • Lionel Messi (Argentina)
  • Andrej Kramaric (Kroasia).

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait