Utomo Josodirdjo, Tokoh Akuntansi Indonesia Meninggal di Usia 92 Tahun

Ira Guslina Sufa
28 November 2022, 09:46
tokoh akuntansi Utomo Josodirdjo
Twitter
Utomo Josodirdjo

Akuntan senior Indonesia, Utomo Josodirdjo meninggal dunia pada  Senin (28/11) pagi. Pendiri kantor akuntan SGV Utomo & Co ini dilahirkan pada 1 januari 1930 dan menghembuskan napas terakhir pada usia 92 tahun. 

Semasa hidup, Utomo merupakan legenda dalam industri akuntansi Tanah Air. Ia merupakan perintis berdirinya jurusan akuntansi di Universitas Airlangga. Ia juga tercatat sebagai pendiri President University yang berlokasi di Kawasan Jababeka Cikarang, Bekasi. 

Kiprah Utomo di bidang akuntansi sangat penting atas andilnya dalam perubahan sistem tata buku model Belanda ke sistem akuntansi modern di Indonesia. Lewat perubahan ini, Utomo membawa semangat baru bahwa laporan keuangan dan akuntansi memiliki andil dalam memperhitungkan masa depan perusahaan. 

Selama hidupnya, Utomo juga pernah tercatat sebagai anggota Dewan Kehormatan Ikatan Akuntan Indonesia. Pada 1976, ia menjadi tokoh yang turut membantu pengembangan pasar uang dan modal Tanah Air.

Utomo memulai pendidikan di bidang keuangan saat melanjutkan studi ke Belanda. Meski awalnya mengambil jurusan kedokteran, ia kemudian pindah jurusan dengan mengambil Jurusan Ekonomi di Nederlandse Economische Hogeschool atau dikenal dengan Erasmus University. Ia mengambil gelar akuntan dari Universitas Indonesia setelah kembali ke Tanah Air. 

Atas dedikasinya di dunia akuntansi Tanah Air, Utomo mendapat penghargaan The Whole Life Achievement Award dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 2012. Ia menjadi akuntan Tanah Air yang disegani hingga tutup usia. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...