Kekayaan Yudo Margono, Calon Tunggal Panglima TNI Pilihan Jokowi

Ira Guslina Sufa
29 November 2022, 11:19
Yudo Margono
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/tom.
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI AL Yudo Margono (tengah) memberikan hormat saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan di KRI Semarang-594, di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Presiden Joko Widodo telah menyerahkan nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Nama Yudo telah diterima Ketua DPR Puan Maharani pada Senin (28/11). 

Puan mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti surat presiden berisi  calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember mendatang. Puan optimistis pembahasan penetapan Yudo sebagai Panglima TNI bisa dilakukan sebelum masa reses DPR pertengahan Desember mendatang. 

"DPR akan menindaklanjuti terkait dengan mekanismenya, di DPR untuk menugaskan komisi terkait atau komisi I untuk melaksanakan mekanisme terkait dengan penggantian atau pengangkatan Panglima TNI baru," kata Puan usai menerima Surpres dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Kompleks Parlemen, Senin (28/11). 

Yudo Margono bukan kali ini saja diusulkan menjadi calon panglima. Ia juga menjadi kandidat Panglima TNI pada akhir 2021 lalu untuk mengisi posisi Hadi Tjahjanto. Namun saat itu, Andika Perkasa yang terpilih menjadi Panglima. 

Jokowi belum pernah menunjuk KSAL sebagai Panglima TNI. Jabatan Panglima saat era mantan Wali Kota Solo itu diisi oleh petinggi Angkatan Darat serta Angkatan Udara yakni Moeldoko, Gatot Nurmantyo, Hadi Tjahjanto, dan Andika Perkasa. Yudo Margono menjabat sebagai KSAL sejak 20 Mei 2020 menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...