Survei Indikator: Ganjar Unggul Semua Simulasi, Anies Kalahkan Prabowo

Ade Rosman
1 Desember 2022, 15:55
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Seniman melukis bersama saat peringatan Hari Sumpah Pemuda di Plaza Ngasem, Yogyakarta, Jumat (28/10/2022).

Survei terbaru yang dirilis Lembaga Indikator Politik Indonesia menempatkan tiga kandidat calon presiden jauh memimpin dibanding tokoh lain. Mereka adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi mengatakan dari semua simulasi, nama Ganjar Pranowo selalu muncul di urutan pertama. Dalam survei Indikator mengukur elektabilitas para calon dengan simulasi 33 nama, 19 nama, 10 nama, 7 nama dan 3 nama. 

“Jika pemilihan presiden diadakan ketika survei dilakukan, Ganjar Pranowo selalu unggul dalam berbagai simulasi dukungan capres,” ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei, Kamis (1/12). 

Pada simulasi pertama Indikator Politik mensurvei 33 nama yang diajukan kepada responden. Pada pertanyaan semi terbuka, responden diminta memilih siapa tokoh yang akan dipilih jika pemilihan dilakukan hari ini. Hasilnya sebanyak 25,9 persen responden memilih Ganjar, sedangkan yang memilih Anies 23,6 persen dan memilih Prabowo 16,1 persen. 

Pada simulasi 19 nama, Ganjar kembali memimpin dengan 27 persen suara. Anies membuntuti di posisi kedua dengan 23,7 persen suara dan Prabowo dengan 16,3 persen. Sementara calon presiden lain seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono dan Khofifah Indar Parawansa hanya mengantongi suara di bawah 10 persen. Situasi yang sama juga terjadi pada simulasi 10 nama, dan 7 nama. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...