Survei Indikator: Deklarasi Anies Tak Dongkrak Suara Nasdem, Kok Bisa?

Ade Rosman
2 Desember 2022, 17:53
Anies Baswedan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) menyapa peserta saat Diskusi Kebangsaan Demi Indonesia di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10/2022).

Deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden oleh Partai Nasional Demokrat tak cukup mendongkrak suara partai pimpinan Surya Paloh itu. Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, elektabilitas Partai Nasdem hanya naik 0.4% dibanding sebelum deklarasi. 

Advertisement

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan tren suara Nasdem justru berbeda dengan tren elektabilitas Anies yang naik pesat setelah deklarasi. Berdasarkan survei elektabilitas Anies melonjak hingga 5,5 persen dibanding sebelum deklarasi. 

"Jadi yang tahu deklarasi Anies sebagai capres oleh Nasdem itu baru 43,8%. Artinya masih banyak pemilih yang tidak tahu bahwa Nasdem mencapreskan Anies,” kata Burhanudddin, dalam paparan survei seperti dikutip Jumat (2/12). 

Berdasarkan survei elektabilitas Anies naik dari 25,7% pada survei September menjadi 32,2 pada November 2022. Anies menyalip posisi Prabowo di tempat kedua pada survei sebelumnya dengan mengantongi 23,9% suara. Sedangkan di posisi pertama ada Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 33,9 persen. 

Berbeda dengan Anies, elektabilitas Partai Nasdem hanya naik tipis. Pada survei September 2022 Nasdem mengantongi elektabilitas 4,4% menjadi 4,8% pada survei November.  

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement