Kesaksian Ricky Rizal: Kuat Sempat Kejar Brigadir J sambil Bawa Pisau

Ade Rosman
5 Desember 2022, 12:31
Brigadir J
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Ricky Rizal (kiri) bersiap menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (28/11/2022).

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat Ricky Rizal mengungkapkan Kuat Ma'ruf sempat mengejar Brigadir J dengan membawa pisau. Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan keterangan sebagai saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12).

Ricky menjelaskan saat sampai di kediaman Magelang, Jawa Tengah ia masuk ke dalam rumah. Namun, saat itu tidak ada orang di lantai bawah. 

Setelah itu, ia naik ke lantai dua, dan menemukan Susi yang sedang duduk menangis. Ricky melihat Kuat berdiri di sebelah Susi yang dalam keadaan cemas. Saat itu Kuat bercerita pada Ricky apa yang baru saja terjadi. 

"Saya samperin malah lari, terus saya lihat ke atas ibu sudah tergeletak, saya sempat kejar pakai pisau, lihat ibu, lihat ibu," kata Ricky, menirukan perkataan Kuat.

Setelah itu, Ricky mendengar penjelasan Kuat. Ricky kemudian menghampiri Putri yang dalam keadaan terbaring. Putri kemudian menanyakan keberadaan Yosua pada Ricky. 

Ia yang tidak mengetahui keberadaan Yosua lalu pergi mencari ke ruang tengah lantai bawah, ke depan, lalu ke kamar belakang. Di ruang kamar belakang ia bertemu Susi, lalu menanyakan posisi Yosua. 

Kepada Ricky, Susi mengaku tidak tahu di mana Brigadir J. Setelah itu ia pun mencari Brigadir J ke garasi. Bukannya bertemu Yosua, di garasi Ricky bertemu dengan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dan Kuat Ma’ruf. 

"Richard mengikuti, mungkin karena tau saya cari Yosua, terus dia langsung ngikutin saya, saya masuk ke kamar ADC di lantai satu, saya cari di kamar tidak ada Yosua juga," kata Ricky. 

Setelah itu, dia melihat senjata di samping tempat tidur. Senjata itu diambil bersama senjata Yosua yang ada di lemari pakaian. Senjata itu kemudian disimpan oleh Ricky di kamar Brata.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...