Pemerintah Lepas Bina Karya Jadi Badan Usaha Milik Otorita IKN

Andi M. Arief
6 Desember 2022, 18:45
IKN Nusantara
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Sebuah mobil keluar dari gerbang pusat Persemaian Mentawir di lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (18/8/2022).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN telah menyerahkan kepemilikan PT Bina Karya kepada Badan Otorita Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan pelepasan Bina Karya sejalan dengan rencana pemerintah untuk menutup ratusan BUMN atas nama efisiensi.

"Di Kementerian BUMN masih banyak perusahaan-perusahaan yang memang tidak masuk menjadi cetak birunya BUMN. Hubungan Bina Karya jadi langsung antara IKN sama pemerintah pusat, kami cuman kasih cangkangnya," kata Erick di Istana Merdeka, Selasa (6/12).

Menurut BUMN, setelah bergabung dengan Badan Otorita IKN Nusantara Bina Karya akan digunakan untuk mengelola aset-aset yang dimiliki secara transparan. Erick mengaku tidak keberatan atas pelepasan Bina Karya. 

Berdasarkan penjelasan di situs resmi perusahaan, Bina Karya adalah perusahaan dengan spesialisasi jasa konsultasi teknik terintegrasi. Adapun, perhatian utama Bina Karya dalam mengerjakan sebuah proyek konstruksi adalah mutu dan ketepatan waktu.

Erick mengatakan Kementerian BUMN telah menyerahkan seluruh saham Bina Karya kepada Badan Otorita IKN. Dengan demikian, Bina Karya telah dapat mengelola infrastruktur yang ada di dalam IKN Nusantara.

Daftar 20 Proyek Strategis IKN Nusantara 

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR telah menyiapkan setidaknya 20 proyek infrastruktur dalam pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada 2023. Seluruh proyek tersebut ditargetkan rampung pada 2024.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan 45 Proyek Prioritas Strategis atau Major Project untuk tahun 2022. Dari seluruh proyek tersebut, ada 13 proyek yang mendapat penekanan utama atau berstatus Highlight Major Project, salah satunya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan total anggaran pembangunan IKN Nusantara pada 2023 mencapai Rp 23 triliun. Sebanyak Rp 20,8 triliun atau 90% dari total anggaran tersebut akan dibelanjakan oleh Kementerian PUPR.

Berikut daftar proyek infrastruktur IKN Nusantara yang akan mulai dibangun pada 2023:

Konektivitas Darat

  1. Jalan Logistik IKN
  2. Jalan di Kawasan KIPP IKN
  3. Preservasi Jalan Logistik IKN
  4. Jalan Tol menuju IKN
  5. Duplikasi Jembatan Bentang Pendek P Balang
  6. Pembangunan Jalan Bypass Pasar Sepaku

Permukiman

  1. SPAM Sepaku
  2. IPAL Sepaku
  3. Kawasan dan Bangunan Istana Presiden
  4. Istana Wakil Presiden
  5. Kantor Kementerian Koordinator
  6. Kantor Kementerian dan Lembaga
  7. Masjid Negara
  8. Beranda Nusantara
  9. 22 Rusun Tenaga Kerja Konstruksi

Sumber Daya Air

  1. Bendungan Sepaku Semoi
  2. Air Baku Sepaku
  3. Embung KIPP
  4. Pengendali Banjir DAS Sangga 1A dan 1B Sungai Sepaku

Bina Konstruksi

  1. Pembinaan 17.000 Tenaga Kerja Konstruksi.

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait