Deretan Bisnis Kaesang Pangarep, Bos Sang Pisang hingga Juragan Kaos

Ira Guslina Sufa
10 Desember 2022, 15:00
Kaesang Pangarep
ANTARA FOTO/R. Rekotomo
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kiri) bersama putra ke-3 Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep (kanan) memperlihatkan \"smartphone\" dengan tampilan aplikasi Madhang, saat peluncuran aplikasi tersebut di Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/12).

Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep hari ini Sabtu (10/12) melangsungkan pernikahan dengan Erina Sofia Gudono. Pernikahan Kaesang berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta dengan menggunakan adat Jawa.

Sebelum menikah, Kaesang dikenal sebagai sosok pengusaha muda yang terlibat dengan sejumlah bisnis kreatif. Teknik marketing Kaesang yang tidak hanya mengandalkan bisnis konvensional kerap menjadi sorotan dan membuat ia diminta mengisi berbagai seminar bisnis.

Jalan bisnis yang digeluti Kaesang berbeda dengan dua kakaknya yang lebih memilih menjadi teknokrat. Anak pertama Jokowi Gibran Rakabuming Raka merupakan Walikota Solo. Sedangkan anak kedua Jokowi, Selvi Ananda mendampingi suaminya Bobby Nasution yang menjadi walikota Medan.

Berikut sejumlah bisnis yang digeluti Kaesang

Sang Pisang

Sang Pisang merupakan bisnis Kaesang yang berdiri sejak November 2017, Sang pisang terkenal dengan aneka olahan pisang terutama nugget yang unik.

Sang Pisang merupakan bisnis Kaesang yang cukup terkenal dan melekat pada dirinya. Saat ini Sang Pisang sudah tersebar di berbagai kota di dalam negeri. Tak hanya itu, Sang Pisang juga telah merambah outletnya hingga mancanegara, seperti di Kuala Lumpur, Malaysia.

Chili Pari

Chili Pari merupakan usaha yang bergerak di bidang kuliner dan telah berdiri sejak 2010. Bidang usaha Chili Pari bergerak di bidang katering dan melayani berbagai acara dan kegiatan seremonial. Adapun produk utama yang ada di katering Chili Parri adalah hidangan jawa tradisional dan modern.

iColor

Dalam berbisnis Kaesang tidak hanya terfokus pada produk makanan. iColor merupakan usaha Kaesang di bidang jasa yang melayani jasa perbaikan atau servis produk elektronik seperti iPhone, Macbook, iPad, dan iMac.

Usaha iColor milik Kaesang juga menyediakan penjualan suku cadang dengan harga terjangkau. Bisnis jasa iColor mulai dikembangkan Kaesang sejak 2010 dan terus berkembang sampai sekarang.

Sang Javas

Sang Javas merupakan perusahaan milik Kaesang yang bergerak dalam produksi kaos asli Solo. Sang Javas berarti “Java at Solo”. Sang Javas didirikan sejak 27 Agustus 2017 di Solo, kota asal Kaesang dan Presiden Jokowi.

Pada saat diluncurkan Sang Javas hanya memiliki 1 desain. Dikutip dari laman Sang Javas di situs toko online Blibli, Kaesang menyebutkan desain pertama itu sudah laku hampir 2.000 kaos, hanya seminggu setelah dilepas ke pasar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...