Tak Lolos Peserta Pemilu, Partai Ummat Amien Rais Gugat KPU ke Bawaslu

Ade Rosman
15 Desember 2022, 11:55
Partai Ummat Pemilu 2024
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi (tengah) menyampaikan sambutan saat penyerahan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Wakil ketua Umum Partai Ummat, Nazaruddin mengatakan partainya akan melakukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Gugatan itu akan dilayangkan atas keputusan Komisi Pemilihan Umum yang tak meloloskan Partai Ummat sebagai peserta pemilu 2024.

"Ya tentu kami akan menempuh mekanisme yang ada dengan mengajukan gugatan ke Bawaslu," kata Nazaruddin, di Kantor KPU, Rabu (14/12).

KPU menyatakan Partai Ummat tidak lolos menjadi peserta pemilu karena tidak memenuhi syarat. Adapun, hasil Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang diperoleh partai Ummat didapatkan di dua provinsi, yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulut). Nazaruddin mengklaim, hasil rekapitulasi di dua provinsi tersebut tidak sesuai dengan data yang dimilikinya.

"Kami juga merasa mendapatkan perlakuan yang sifatnya itu dipersulit oleh penyelenggara pemilu di beberapa kabupaten," kata Nazaruddin.

Selain itu, ia juga mengatakan partai Ummat memiliki data adanya indikasi manipulasi pada hasil tersebut. 

"Kami juga mempunyai data bahwa ada manipulasi dalam artian data keanggotaan dari partai kami, itu kemudian diberikan ke partai yang lain," katanya.

Nazaruddin mengaku merasa terkejut dengan hasil yang didapatkan, pasalnya, tambah Nazaruddin, pihaknya telah menginput data serta menjalani verfak perbaikan secara langsung yang mana didatangi oleh verifikator, maupun melalui video yang diserahkan ke KPU.

Sebelumnya, Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais berpandangan Partai Ummat sengaja dijegal. Ia menyebut ada perintah dari pihak dengan kekuatan politik besar, partai Ummat disingkirkan dari kontestasi pemilu 2024 mendatang.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...