Ganjar: Pilih Nomor Urut Tiga, PDIP Bidik Hattrick di Pemilu 2024

Ira Guslina Sufa
16 Desember 2022, 08:33
Ganjar Pranowo
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) didampingi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kanan) menghadiri Road to Hakordia (Hari Antikorupsi Sedunia) di Alun-Alun Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan partainya memiliki alasan khusus di balik sikap tetap memilih nomor urut tiga di pemilu 2024 mendatang. Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini mengatakan partainya ingin meraih kemenangan ketiga kalinya alias hattrick.

"Kalau nomor urutnya tidak berubah. Tetap dan pasti nanti kampanyenya sama, metal," kata Ganjar Pranowo dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Antara, Jumat (16/12).

Ganjar pun optimistis PDIP bisa menang total pada Pemilu 2024 dan akan mendapat kemenangan yang ketiga. Sebelumnya PDIP menjadi pemenang pada pemilu 2014 dan 2019. Ia menyebut target itu sudah digaungkan dengan slogan merah total, menang total. 

Lebih lanjut, Ganjar meyakini jalan PDIP akan lancar di perhelatan demokrasi lima tahunan itu. Ganjar menyebut akan menggunakan banyak kaos berwarna merah. 

"Kalau itu berjalan, setidaknya kaosku masih banyak yang bisa saya pakai. Merah," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024. Partai yang sudah ada kursi di DPR memilih nomor urut Pemilu 2019 sebelumnya, sedangkan partai non-parlemen dan partai anyar dapat nomor urut baru.

Ganjar sempat mengunggah swafoto dirinya sedang berdiri di bawah baliho Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP, bertuliskan '2024 Menang Spektakuler, Hattrick! di akun Instagramnya, Minggu (2/10). Ganjar mengatakan, unggahannya tersebut memiliki makna tersendiri.

"PDI Perjuangan mesti menang hattrick," kata Ganjar.

Ganjar yang merupakan kader PDIP merupakan kandidat capres 2024 terkuat menurut sejumlah survei. Dalam beberapa bulan terakhir, Ganjar selalu berada di puncak elektabilitas capres 2024 berbagai lembaga survei.

Reporter: Ade Rosman, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...