Mediasi Pertama dengan KPU Mentok, Partai Ummat Bersiap Ajudikasi

Ade Rosman
19 Desember 2022, 16:13
Partai Ummat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi (tengah) menyampaikan sambutan saat penyerahan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan mediasi pertama yang dilakukan partainya  dengan Komisi Pemilihan Umum tidak mencapai titik temu. Menurut Ridho, dalam mediasi yang difasilitasi Badan Pengawasan Pemilihan Umum itu, Partai Ummat telah menyampaikan sejumlah poin. 

"Hari ini kami belum capai titik temu tersebut, dan Insya Allah kami akan lanjutkan ke mediasi hari kedua besok jam 10 pagi," kata Ridho, di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Senin (19/12).

Ridho mengatakan, apa yang telah disampaikan oleh partai Ummat kemudian akan dibawa ke rapat pleno oleh KPU. Partai Ummat berharap mediasi kedua akan menemukan titik temu. Bila mediasi hari kedua gagal maka proses akan berlanjut pada ajudikasi di hari ketiga. 

Sementara itu, kuasa hukum Partai Ummat yang turut mendampingi Ridho pada kesempatan tersebut, Denny Indrayana mengatakan tak bisa menjelaskan lebih detail hasil pertemuan. Hal itu karena sifat mediasi yang tertutup. 

"Sebagaimana proses mediasi ini ada aturan hukum acaranya, ini proses tertutup, jadi kami mohon maklum tidak bisa menyampaikan secara detail, substansi yang dibicarakan di ruang mediasi tadi," kata Denny.

Denny mengatakan, partai Ummat kini hanya terfokus pada proses yang sedang dijalani. Partai akan terus memperjuangkan keyakinan untuk bisa diloloskan menjadi peserta pemilu 2024. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...