Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Wafat, Keluarga "Si Doel" Berduka

Ira Guslina Sufa
22 Desember 2022, 08:40
Keluarga
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Aktor dan aktris pemeran film Akhir Kisah Cinta Si Doel, Rano Karno (kiri), Suti Karno (tengah) dan Cornelia Agatha (kanan) menghadiri temu penggemar pada promo film tersebut di Ciplaz, Depok, Jawa Barat, Minggu (19/1/2020).

Aktris senior Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" dikabarkan meninggal dunia di usia 84 tahun pada Rabu (21/12) pukul 20.00 WIB. Kabar duka tersebut dibagikan oleh akun Instagram resmi "Si Doel Anak Sekolahan", @sidoelanaksekolahan.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih) pukul 20.00. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin YRA (alfatihah)," tulis akun tersebut.

Unggahan tersebut kemudian dibanjiri ucapan duka cita dari warganet termasuk sejumlah selebritas termasuk Marsha Timothy, David Nurbianto, hingga pesulap Pak Tarno.

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya," tulis Marsha di kolom komentar.

Aktor Rano Karno pemeran Si Doel juga turut menyampaikan kabar duka tersebut di akun Instagram pribadinya. Rano Karno menyebut merasa kehilangan atas meninggalnya Mak Nyak. 

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang pada 29 Januari 1938. Namanya mulai dikenal di dunia hiburan Tanah Air setelah dia membintangi film "Serampang 12" pada 1956. Sepanjang karirnya, dia sukses mendapatkan sejumlah penghargaan termasuk Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan berkat perannya di "Si Doel the Movie" pada 2019.

Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) ikut menyampaikan rasa duka atas meninggalnya Mak Nyak. Ketua Humas PARFI Evry Joe mengatakan sejumlah film telah Aminah mainkan sejak tahun 1970-an hingga tahun 2020. Dia berdoa agar karya-karya Aminah dapat menjadi ladang amal untuknya.

"Kami dari Pengurus Besar Persatuan Artis Film Indonesia mengucapkan duka cita yang amat dalam atas berpulangnya senior kita di perfilman Indonesia yaitu Ibu Aminah Cendrakasih," kata Evry seperti dikutip dari Antara. 

Aminah diketahui menderita sakit Glaukoma lebih dari lima tahun yang membuatnya tidak bisa melihat dan terbaring di atas kasur. Dia menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (21/12) sekitar pukul 20.00 dalam usia 84 tahun.

 

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait